Rabu, 02 Des 2020,


siaga-bencana-kodim-gunungkidul-koordinasi-lintas-sektoralBerbagai lembaga mengikuti apel bersama dalam rangka kesiapsigaan bencana di halaman Kondim 0730 Gunungkidul, Jumat (20/11/2020). Dandim, Kapolres dan pejabat lain melakukan ceking alat penanggulangan bencana.(sutaryono/koranbernas.id)


Sutaryono

Siaga Bencana, Kodim Gunungkidul Koordinasi Lintas Sektoral


SHARE

KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL – Kodim 0730 Gunungkidul menggelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam. Kegiatan yang berlangsung di Markas Kodim ini dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan bencana alam, dengan menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga, Jumat (20/11/2020).

Puluhan peserta apel dari berbagai lembaga, tetap menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung. Dandim 0730 Gunungkidul, Letkol Inf Nopy Laksana Armyanto menjelaskan, apel ini menjadi bentuk sinergi antar sektor dalam mengantisipasi terjadinya bencana. "Harapannya nanti saat terjadi bencana kita langsung gerak cepat untuk penanganannya, secara terkoordinir," katanya.


Baca Lainnya :

    Ditegaskan, koordinasi lintas sektoral perlu dilakukan, karena saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga sudah menyampaikan informasi tentang adanya fenomena La Nina di penghujung tahun 2020.

    Gunungkidul sendiri berpotensi mengalami banjir, dampak angin kencang, hingga tanah longsor saat musim penghujan. Nopy pun berharap ada partisipasi aktif dari seluruh elemen untuk meminimalisir resiko dampak bencana. "Sinergi juga diperlukan agar seluruhnya bisa bergerak dalam satu komando saat penanganan bencana," ujarnya.


    Baca Lainnya :

      Sejumlah unsur yang terlibat dalam apel pagi ini antara lain Polres Gunungkidul, TRC BPBD, SAR, Tagana, PMI, Satpol PP, Pemuda Pancasila, Kokam, Banser, MTA, Damkar, dan berbagai komunitas lain.

      Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan serta Wakil Ketua DPRD Gunungkidul Heri Nugroho tampak hadir dalam Apel tersebut. Rombongan sempat berkeliling untuk mengecek personel dan peralatan untuk penanganan bencana.

      AKBP Agus Setiawan menyatakan pihaknya juga telah bersiaga untuk menghadapi dampak dari fenomena La Nina ini. Seperti Kodim, Polres Gunungkidul pun turut melakukan berbagai persiapan. "Tentunya kita semua berharap tidak terjadi bencana alam di Gunungkidul, namun kami tetap siap dan siaga," katanya.(*)



      SHARE
      '

      BERITA TERKAIT

      Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

      Tulis Komentar disini