17.447 Keluarga di Klaten Terima Bantuan Beras Pemerintah

Kualitas berasnya sudah bagus. Saya cek secara acak setiap datang.

17.447 Keluarga di Klaten Terima Bantuan Beras Pemerintah
Penyaluran bantuan pangan kepada KPM di Kantor Desa Wangen Kecamatan Polanharjo Klaten, Senin (16/10/2023). (masal gurusinga/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID, KLATEN -- Pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional menyalurkan bantuan pangan alokasi Oktober 2023 kepada 17.447 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di empat kecamatan di Kabupaten Klaten, Senin (16/10/2023). Penyaluran bantuan beras masing-masing 10 kg tersebut dilaksanakan di kantor desa.

Empat kecamatan yang penyaluran bantuannya dilaksanakan Senin (16/10/2023) yakni Polanharjo 2.934 KPM, Juwiring 5.520 KPM, Ngawen 3.558 KPM dan Jogonalan 5.435 KPM.

Di Desa Wangen Kecamatan Polanharjo, ada 134 KPM penerima bantuan. Penyaluran bantuan dipimpin langsung Kepala Desa Wangen, Mashudi,  didampingi perangkat desa. Tampak hadir penyuluh pertanian setempat, pendamping desa dan KPM.

Mashudi mengatakan bantuan beras yang disalurkan itu merupakan alokasi bulan Oktober 2023. "Ini alokasi bulan Oktober. Bulan September kemarin atau yang pertama sudah disalurkan beberapa waktu lalu. Insya Allah yang bulan Nopember juga akan disalurkan," kata Mashudi.

ARTIKEL LAINNYA: Banjir Hadiah di Pekan Raya Pegadaian Kanwil XI Semarang, Tiga Pemenang dari Jogja

Terkait bantuan pangan tersebut, kata dia, data penerima dari pusat (kementerian) dan desa hanya membuat undangan pengambilan kepada KPM.

"Untuk kualitas berasnya sudah bagus. Saya cek secara acak setiap datang. Alhamdulillah tidak ada yang ditukar karena mungkin kualitasnya kurang atau karungnya sobek," ujarnya.

Sukardi, salah seorang KPM warga Wangen mengaku senang menerima bantuan itupun karena bisa dikonsumsi bersama keluarga.

"Senang, bisa di makan. Saya cuma di rumah saja bersama istri dan seorang anak," katanya di Kantor Desa Wangen.

ARTIKEL LAINNYA: Trotoar sebagai Halaman Rumah, Tidak untuk Parkir

Senada diungkapkan, Narmi, warga Desa Wangen lainnya. Kepada koranbernas.id dia mengaku datang di kantor Desa Wangen mewakili ibu mertua untuk mengambilkan bantuan.

"Saya hanya mewakili. Yang menerima ibu mertua saya atas nama Juwarin, warga Dukuh Wareng, Desa Wangen. Beliau tidak bisa hadir karena berjualan," terang Narmi.

Seperti diberitakan, Badan Pangan Nasional menyalurkan bantuan pangan berupa beras selama tiga bulan yakni September, Oktober dan November kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di tanah air. Di Kabupaten Klaten ada 118.805 KPM penerima.

Beras yang disalurkan tersebut adalah beras medium Bulog yang proses pengirimannya dari gudang Bulog ke kantor desa menggunakan transporter. (*)