Minggu, 17 Okt 2021,


wujudkan-merdeka-belajar-dengan-membangun-grha-padmanabaRangkaian HUT Padmanaba ke-79, Minggu (19/9/2021). (istimewa)


Yvesta Putu Ayu Palupi
Wujudkan Merdeka Belajar dengan Membangun Grha Padmanaba

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Peran sebuah sekolah tak hanya ditentukan dengan prestasi yang telah ditorehkan oleh sekolah tersebut, namun juga dari peran alumni dalam ikut memajukan negeri ini. Tak terkecuali, peran dan sumbangsih SMA Negeri 3 Yogyakarta (Padmanaba) yang telah menelurkan ribuan lulusan berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.


Ribuan alumni Padmanaba telah malang-melintang dengan prestasinya itu ikut memberikan sumbangsih tenaga dan pikiran untuk memajukan Indonesia. Termasuk pada saat perang mempertahankan kemerdekaan.


Saat itu, para siswa Padmanaba ikut mengangkat senjata agar bisa turut mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Kini, di saat kemerdekaan bisa dipertahankan, alumni tetap memberikan sumbangsih kepada negara ini. Dari Padmanaba untuk Indonesia.

Karenanya, saat sekolah ini memasuki usia 79 tahun pada Minggu (19/09/2021) jadi momen intropeksi diri. Padmanaba bisa terus menghasilkan peserta didik yang berkualitas hebat.


‘’Ulang tahun ini tidak menjadikan kami jumawa karena menjadi sekolah yang tertua dan menelorkan ribuan lulusan yang berkualitas tinggi,’’ ujar Hendri Saparini, Ketua Umum Keluarga Besar Alumni (KBA) Padmanaba, Minggu (19/9/2021) siang.

Ekonom senior Core Indonesia ini mengatakan, ulang tahun Padmanaba 2021 mengambil tema Perubahan. Dengan tagline: Berubah Berintegrasi Berseni. Rangkaian kegiatan memperingati HUT Ke-79 Padmanaba telah digelar sejak awal September 2021.

Hal ini sesuai dengan semangat para siswa Padmanaba yang dikenal sebagai pelajar yang kreatif dan inovatif. KBA Padmanaba juga ingin mewujudkan tambahan ruangan bagi sekolah agar siswa Padmanaba tetap bisa mengembangkan kreativitasnya. Dengan adanya Grha Padmanaba tersebut, diharapkan bisa menampung energi berlebih yang dimiliki siswa Padmanaba.

"Kami didukung seluruh sivitas akademika Padmanaba, mewujudkan tambahan ruang untuk berekspresi siswa tersebut dalam bentuk pembangunan Gedung Grha Padmanaba. Budaya meraih prestasi tinggi di bidang akademis dan non-akademis tetap terus dipertahankan dan ditingkatkan setelah bangunan fisik Grha Padmanaba terwujud,’’ paparnya.

Adapun rangkaian kegiatan HUT Ke-79 Padmanaba meliputi lomba pembuatan konten oleh siswa, studium generale oleh alumni, kegiatan sosial, pembagian sembako, baksos panti jompo, dan baksos panti asuhan. Sedangkan puncak acara HUT Ke-79 Padmanaba berlangsung dua hari, yakni Sabtu-Minggu (18-19/9/2021).

Puncak acara diawali ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP). Disusul malam tasyakuran, Sabtu (18/9/2021). Upacara HUT Ke-79 Padmanaba dilangsungkan virtual dilanjutkan dengan penyerahan beasiswa dari Yayasan Keluarga Padmanaba, Minggu (19/9/2021).

Webinar Bangkit Ekonomi 79 Tahun Padmanaba juga diselenggarakan pada Minggu (19/9/2021) dengan tema ‘’Kebangkitan Ekonomi Jogja pasca Pandemi Covid-19’’. Webinar ekonomi tersebut menghadirkan tiga pembicara lintas angkatan Padmanaba yaitu Mas Yuswohady (Padmanaba 1988), Mas Yoyok Heri Wahyono (Padmanaba 1992), dan Mas Yosep Anggie Noen (Padmanaba 2001). Webinar diikuti alumni Padmanaba dan siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Webinar dilakukan melalui Zoom dan disiarkan live melalui Youtube Channel: Padmanaba Official. Pemateri akan menyampaikan terkait dampak pandemi terhadap pola pemasaran, tips pemasaran dalam era kenormalan baru, tips mengelola usaha dalam era kenormalan baru, hingga motivasi dan semangat membangkitkan ekonomi Jogja pasca pandemi. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini