Sabtu, 31 Jul 2021,


vaksinasi-covid19-untuk-lansia-masih-dibawah-targetKegiatan penelusuran di Kecamatan Petanahan, Kamis (27/5/2021). (istimewa)


Nanang W Hartono
Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Masih Dibawah Target

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Tiga hari pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kelompok lanjut usia di kantor Dinas Kesehatan Kebumen, jumah lansia yang divaksin ternyata masih dibawah target. Sasaran selama tiga hari dipatok 1.800 orang, namun hanya 634 orang lansia yang hadir.


Pelaksana tugas Sekretaris Dinas Kesehatan Kebumen yang juga anggota Bidang Informasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Kebumen, Kusbiyantoro, menjelaskan pada hari Senin (24/5/2021) ada 100 orang lansia yang hadir dengan 148 orang pendamping. Hari berikutnya, hanya ada 83 orang lansia yang hadir dengan 197 orang pendamping.


Vaksinasi hari Kamis (27/5/2021), ada 451 orang lansia. Sebanyak 396 orang telah divaksin. Sebanyak 55 orang lansia ditunda atau tidak bisa divaksin, karena alasan medis.

"Sasaran vaksinasi di kantor tiap hari 600 orang, selama tiga hari 889 orang lansia yang hadir," kata Kusbiyantoro kepada koranbernas.id, Kamis (27/5/2021).


Seorang tenaga vaksinasi khusus lansia mengungkapkan, hari Kamis (27/5/2021) petugas Dinas Kesehatan Kebumen melakukan antar jemput lansia yang mengikuti vaksinasi. Penjemputan dilakukan pihak desa. Waktu menjemput dan mengantar pulang bersamaan.

Penelusuran

Untuk mencari kemungkinan ada penularan, warga yang kontak dengan orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kecamatan Petanahan, Kamis (27/5/2021), dilakukan penelusuran/tracing. Penelusuran dilakukan Polsek Petanahan bersama Koramil Petanahan, Tim Penanganan Covid-19 Kecamatan Petanahan, Puskesmas Kecamatan Petanahan dan Kader penggerak PKK Kecamatan Petanahan.

Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama, melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen, Iptu Tugiman, menjelaskan tracing dilakukan untuk memastikan warga yang kontak erat untuk melakukan swab rapid antigen. Penelusuran dilakukan di Desa Nampudadi, Munggu, dan Desa Petanahan.

"Kita mendampingi serta memastikan keluarga yang kontak erat untuk melakukan swab serta isolasi mandiri menunggu hasil test swab antigen," kata Tugiman.

Ada beberapa keluarga yang kontak disarankan mengikuti swab di kantor Kecamatan Petanahan. Warga masyarakat diimbau untuk mematuhi protokol kesehatan. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini