Rabu, 02 Des 2020,


toko-dus-roti-di-wirobrajan-habis-dilalap-apiPetugas damkar mematikan api di toko dus roti dan mika yang terletak di Jalan RE Martadinata, Kecamatan Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Rabu (11/11/2020) sore. (rosihan anwar/koranbernas.id)


Rosihan Anwar

Toko Dus Roti di Wirobrajan Habis Dilalap Api


SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA  -- Sebuah toko dus roti dan mika yang terletak di Jalan RE Martadinata, Kecamatan Wirobrajan, Kota Yogyakarta habis terbakar dilalap api pada Rabu (11/11/2020) sore. Kebakaran hebat itu melahap seluruh isi dan bangunan dua lantai milik Edi Haryanto.

Edi selaku pemilik toko menyebutkan percikan api diperkirakan muncul sekitar pukul 16:20 WIB di lantai dua dan lantas membesar akibat menyambar persediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang ada di toko tersebut.


Baca Lainnya :

    “Kira-kira setengah lima, saat itu saya sedang menonton di rumah sebelah. Saya dikabari ada kebakaran dan saya lihat api di ruang tengah sudah membesar,” katanya kepada koranbernas.id.

    Pria berusia 65 tahun itu menuturkan, dirinya tidak mengetahui secara persis penyebab terjadinya kebakaran, karena insiden berawal dari lantai dua. Saat itu, sebagian karyawan toko tengah beristirahat di lantai atas.


    Baca Lainnya :

      “Itu (lantai dua) kebakar dan apinya turun ke bawah, saat saya tahu, atas sudah dipenuhi api dan saya nggak berani naik,” tutur warga RT 22/RW 25 Wirobrajan tersebut.

      Sementara itu, Mahargyo Kasi Operasional UPT Pemadam Kebakaran Kota Yogyakarta  menyebutkan, proses pemadaman mengalami sejumlah kesulitan karena lantai dua yang menjadi pemicu kebakaran, juga menjadi tempat penyimpanan BBM dan oli.

      “Di atas itu gudang oli, kendalanya di situ. Kami dibantu juga dari Pemadam Kebakaran Kabupaten Sleman, dari UGM juga. Total ada empat unit mobil Damkar,” ujarnya.

      Proses pemadaman pun baru dapat selesai sepenuhnya sekitar pukul 18:45 WIB. Tim SAR dan anggota pemadam kebakaran, dibantu masyarakat, mengevakuasi sejumlah properti yang mudah terbakar.

      “Kami terpaksa membongkar sebagian bangunan karena ada yang mudah terbakar,” jelas dia.

      Kapolsek Wirobrajan Kompol Endang Sri Widianti menyatakan pihaknya bersyukur api tidak merembet ke tempat lainnya, mengingat area tersebut merupakan daerah padat pemukiman dan juga berjejer toko-toko lainnya di sepanjang Jalan RE Martadinata.

      “Ini yang saya khawatirkan di lantai dua ada tempat penyimpanan oli dan BBM. Tapi, api bisa dipadamkan,” ujarnya.

      Sedangkan untuk tim yang diturunkan merupakan gabungan dari TNI/Polri, tim SAR dan pemadam kebakaran. Polisi pun sempat melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan arus kendaraan yang hendak melewati Jalan RE Martadinata ataupun perempatan Wirobrajan.

      “Jajaran Polresta juga dilibatkan, karena kejadian pukul empat lewat, petugas kami siagakan di titik-titik akses jalan. Kita butuh bantuan Polresta untuk memanggil Damkar,” terangnya.

      Dari insiden kebakaran tersebut, dilaporkan tidak ada korban jiwa baik dari keluarga pemilik toko maupun karyawan. Aparat kepolisian segera melakukan olah TKP untuk memastikan apakah percikan api berawal dari hubungan arus pendek atau kelalaian dari karyawan toko.(*)



      SHARE
      '

      BERITA TERKAIT

      Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

      Tulis Komentar disini