Sabtu, 05 Des 2020,


tak-perlu-panik-saat-menata-kembali-keuangan-rumah-tanggaDialog Inspirasi di Media Center KPCPEN. (istimewa)


Siaran Pers

Tak Perlu Panik Saat Menata Kembali Keuangan Rumah Tangga


SHARE

KORANBERNAS.ID, JAKARTA – Pandemi yang berlangsung hampir satu tahun mempengaruhi kondisi perekonomian, dampaknya juga mempengaruhi keuangan rumah tangga.

Setidaknya terdapat langkah-langkah penting dan mendasar supaya mampu menghadapi kondisi ekonomi saat ini. Inilah tips yang disampaikan Eko Priyo Pratomo, Co-Founder Halofina dan Financial Planner.


Baca Lainnya :

Pada Dialog Inspirasi di Media Center Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (19/10/2020), dia menyampaikan, paling utama adalah tetap tenang dan jangan panik saat menata kembali kondisi keuangan dalam skala mikro atau rumah tangga.

“Yang pertama adalah fokus untuk kembali membangun kembali dana darurat. Ini penting karena kita tidak pernah tahu bagaimana nanti kondisi hari-hari ke depan,” kata dia.


Baca Lainnya :

Menurut dia, cara membangun kembali dana darurat di kala kondisi ekonomi seperti ini adalah melalui rebudgeting. Artinya, sebisa mungkin hidup dengan minimalis sehingga bisa menabung rutin.

Yang tidak kalah penting adalah membuat neraca keuangan. “Sederhananya daftar aset dan utang. Jika ada utang sebisa mungkin lunasi dengan aset yang ada,” saran dia.

Membangun kembali dana darurat atau aset juga bisa dilakukan dengan investasi. “Dengan kondisi saat ini menurut saya, memang harus hati-hati tapi jangan lupa untuk tetap investasi,” tegasnya. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini