Senin, 24 Jan 2022,


supriyanto-ketua-pwi-kebumen-20212024Ketua PWI Jateng mengambil sumpah pengurus PWI Kebumen periode 2021-2024. (istimewa)


Nanang W Hartono
Supriyanto Ketua PWI Kebumen 2021-2024

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah, Amir Machmud, mengambil sumpah pengurus PWI Kebumen periode 2021-2024. Terpilih sebagai Ketua PWI Kebumen, Supriyanto. Sedangkan Ketua PWI Purworejo Aris Himawari.


“Oknum yang berlabel wartawan tetapi menjalani kegiatan kewartawanan dengan tidak taat etika kewartawanan, sebenarnya orang yang berkemampuan rendah,” ungkap Amir saat menghadiri Konferensi PWI Kabupaten Kebumen dan Purworejo, Minggu (28/11/2021), di Kebumen.

  • Pelanggan Baru Wajib Tanam Pohon
  • Tembang The Black Superman Merambah Desa

  • Menurut dia, adanya orang-orang yang berlabel wartawan mendatangi sekolah-sekolah mencari-cari kesalahan penggunaan BOS (Biaya Operasional Sekolah) atau mengintimidasi kepala desa, merusak dan mendegradasi profesi kewartawanan.

    PWI sebagai organisasi kewartawanan terus berupaya meningkatkan profesionalisme anggota melalui peningkatan kode etik kewartawanan. “Penaatan terhadap kode etik kewartawanan menjadi bagian dari upaya mewujudkan wartawan yang profesional utuh dan komprehensif,” kata dia.

  • Ada yang Aneh dari Pelantikan Sekda Kebumen
  • Berstatus Tersangka, Ketua DPRD Kebumen Tak Hadiri Rapat Paripurna

  • Dia mengingatkan, Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers tidak hanya untuk melindungi wartawan. Wartawan jangan berlindung dengan UU Pers dengan melalaikan profesionalisme dan etika kewartawanan.

    “Misalnya, jika terjadi sengketa pemberitaan, menggampangkan berlindung dengan ketentuan hak jawab dan hak koreksi. Undang- undang itu juga melindungi masyarakat, yang berhubungan dengan media. Masyarakat akan merasakan nyaman jika bertemu dengan wartawan yang profesional yang taat kode etik,” tandasnya. (*)


    TAGS: pwi kebumen 

    SHARE



    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini