Supriyanto Ketua PWI Kebumen 2021-2024

Supriyanto Ketua PWI Kebumen 2021-2024

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah, Amir Machmud, mengambil sumpah pengurus PWI Kebumen periode 2021-2024. Terpilih sebagai Ketua PWI Kebumen, Supriyanto. Sedangkan Ketua PWI Purworejo Aris Himawari.

“Oknum yang berlabel wartawan tetapi menjalani kegiatan kewartawanan dengan tidak taat etika kewartawanan, sebenarnya orang yang berkemampuan rendah,” ungkap Amir saat menghadiri Konferensi PWI Kabupaten Kebumen dan Purworejo, Minggu (28/11/2021), di Kebumen.

Menurut dia, adanya orang-orang yang berlabel wartawan mendatangi sekolah-sekolah mencari-cari kesalahan penggunaan BOS (Biaya Operasional Sekolah) atau mengintimidasi kepala desa, merusak dan mendegradasi profesi kewartawanan.

PWI sebagai organisasi kewartawanan terus berupaya meningkatkan profesionalisme anggota melalui peningkatan kode etik kewartawanan. “Penaatan terhadap kode etik kewartawanan menjadi bagian dari upaya mewujudkan wartawan yang profesional utuh dan komprehensif,” kata dia.

Dia mengingatkan, Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers tidak hanya untuk melindungi wartawan. Wartawan jangan berlindung dengan UU Pers dengan melalaikan profesionalisme dan etika kewartawanan.

“Misalnya, jika terjadi sengketa pemberitaan, menggampangkan berlindung dengan ketentuan hak jawab dan hak koreksi. Undang- undang itu juga melindungi masyarakat, yang berhubungan dengan media. Masyarakat akan merasakan nyaman jika bertemu dengan wartawan yang profesional yang taat kode etik,” tandasnya. (*)