Kamis, 27 Jan 2022,


smk-ypkk-1-kulonprogo-revitalisasi-layanan-pendidikanPlt Kepala Sekolah SMK YPKK Kulonprogo bersama sejumlah pejabat, berfoto bersama usai acara pemaparan Program Revitalisasi di Ruang Pertemuan sekolah tersebut, Rabu (1/12/2021). (istimewa)


Warjono
SMK YPKK 1 Kulonprogo Revitalisasi Layanan Pendidikan

SHARE

KORANBERNAS.ID, KULONPROGO – Upaya untuk membangkitkan SMK YPKK Kulonprogo terus dilakukan. Dukungan dari berbagai pihak juga mengalir, untuk kebangkitan sekolah yang pernah berjaya sejak berdiri 1981 ini.


Dr. Sukiter, M.Pd. selaku Plt Kepala SMK YPKK 1 Kulonprogo dalam pemaparan program revitalisasi mengatakan, dirinya akan melakukan revitalisasi menyeluruh terhadap sekolah ini. Upaya membangkitkan SMK YPKK Kulonprogo, akan dilakukan dengan berbagai tahapan yang telah dirancangnya. Yaitu tahap sosialisasi kepada stakeholder pendidikan, penataan sarana prasarana, rekruitmen SDM, pemantapan stakeholder, dan program sukses PPDB.

  • Wah, Stasiun Tugu Bakal Tampung 14 Ribu Penumpang

  • “Rekruitmen guru sudah dimulai dalam waktu 2 minggu dan telah masuk sejumlah 154 pelamar, menunjukkan antusiasme para pendidik untuk membangun kembali sekolah ini. Dukungan moral dan material dari berbagai pihak selalu diharapkan agar impian untuk membangkitkan kembali sekolah ini dapat terealisasi,” kata Sukiter yang juga Kepala SMK YPKK Tepus, Rabu (1/12/2021) dalam pemaparan program revitalisasi di Ruang Pertemuan SMK YPKK Kulonprogo.

    Dalam rilis yang diterima koranbernas.id, pertemuan dihadiri pula oleh Kepala Balai Dikmen Kulonprogo, Kemenag Kulonprogo, Pengurus Cabang YPKK GK dan YPKK DIY, Kepala SMK YPKK Se-DIY, Ketua Komite, Ketua alumni YPKK 1 Kulonprogo, Kepala SMP dan Guru BK Kapanewon Wates, Ketua Karang Taruna, Takmir Masjid lingkungan setempat dan segenap tokoh masyarakat Bendungan Wates Kulonprogo.


    Ketua YPKK DIY, Pudjiarti menyampaikan, SMK YPKK 1 Kulonprogo berdiri pada tahun 1981 telah berhasil meluluskan ribuan siswa. Namun pada 5 tahun terakhir mengalami penurunan. Revitalisasi ini merupakan upaya penataan dan pengondisian ulang SMK YPKK 1 Kulonprogo secara menyeluruh mulai dari pembelajaran, lingkungan, fasilitas, kemitraan dan manajemen, agar menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya, meningkatkan keterserapan lulusan di DUDIKA, dan mampu mencetak wirausahawan muda yang berbudi, terampil, dan mandiri.

    “Kami percayakan kepada Dr. Sukiter, M.Pd. untuk membangkitkan kembali sekolah ini agar menjadi sekolah yang berkualitas sebagaimana harapan kita,” tuturnya.

    Dalam acara tersebut, berbagai pihak menyampaikan dukungan penuh atas program revitalisasi ini. Kepala Dinas Dikpora DIY Didik Wardaya, SE., M.Pd. menyampaikan optimisme tercetaknya SDM yang terampil, kompeten dan siap bersaing di tingkat nasional maupun global dengan program revitalisasi SMK YPKK 1 Kulonprogo.

    Hal senada disampaikan oleh Ketua PGRI DIY Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, MM. Ia mengatakan, melalui revitalisasi ini diharapkan dapat memberikan layanan pendidikan yang lebih baik lagi untuk masyarakat Kulonprogo, dan mampu membangkitkan kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di sana.

    Alumni YPKK 1 Kulonprogo Sunaryo yang saat ini masih aktif sebagai PNS di Bekasi memberikan testimoni, bahwa para alumni telah bekerja di berbagai sektor, berwirausaha, dan menempuh pendidikan tinggi di berbagai kampus. Ini menunjukkan bahwa SMK YPKK 1 Kulonprogo mampu mencetak lulusan bermutu.

    “Kami sebagai alumni berharap almamater SMK YPKK1 Kulonprogo semakin berkembang dan maju dengan program unggulan,” ungkapnya.

    Kepala Balai Dikmen Kulonprogo Rudy Prakanto S.Pd., M.Eng. mengungkapkan, revitalisasi ini merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu. Pentahelix berupa sekolah, pemerintah, masyarakat, DUDIKA dan media harus bersinergi sebagai konstruksi kuat untuk membangun sekolah. Produk unggulan akan menjadi daya tarik masyarakat, sekaligus sebagai kontribusi untuk Kulonprogo dapat dikembangkan di sekolah ini.

    “Apapun potensi yang bisa dikembangkan dan bagaimana caranya mari kita bangkitkan SMK YPKK 1 Kulonprogo,” ujar Rudy. (*)



    SHARE



    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini