sempat-ngamuk-rusak-rumah-penderita-gangguan-jiwa-ini-luluh-saat-dievakuasiSuratno dievakuasi untuk menjalani perawatan jiwa di UPTD Puskesmas Karanganyar. (istimewa)


nanang

Sempat Ngamuk Rusak Rumah, Penderita Gangguan Jiwa Ini Luluh Saat Dievakuasi

SHARE

KORANBERNAS.ID.KEBUMEN --  Entah apa yang ada di benak Suratno (44) warga Desa Karangjambu Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen. Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) ini luluh hatinya saat akan dievakuasi anggota Polsek Sruweng dan Koramil Sruweng. Padahal sebelumnya ia mengamuk merusak rumah orang tuanya.

Awalnya, Bhabinkamtibmas Desa Karangjambu Kecamatan Sruweng, Bripka Dakirman, Senin (10/2/2020), dimintai tolong mengamankan Suratno yang kambuh.


Baca Lainnya :

Takala Dakirman tiba rumah orang tua Suratno sekitar pukul 13:30, rumah itu dalam kondisi rusak parah. Semua kaca pecah. Almari roboh berantakan karena amukan Suratno.

Ibu dari Suratno, Djasikem (64), yang  tinggal berdua bersama Suratno terpaksa diungsikan demi keselamatan. Warga sekitar tidak berani mendekat kecuali hanya melihat dari kejauhan.


Baca Lainnya :

Tidak diketahui pasti apa penyebab pemuda bujangan itu marah meluapkan kekesalannya dengan cara merusak apa saja.

Melihat kedatangan Bripka Dakirman bersama petugas piket Polsek Sruweng, Aipda Sigit, serta anggota Koramil Sruweng dan petugas kesehatan Puskesmas Sruweng, Suratno lari bersembunyi di dalam kamar mandi.

Saat polisi mengetuk pintu kamar mandi, akhirnya Suratno bersedia membukakan pintu. "Siap Ndan. hormat Ndan. Selamat siang Ndan," kata Suratno sambil cengar-cengir kepada petugas, seperti dikutip Darkiman.

Ternyata Suratno sering membantu petugas Polsek Sruweng sebagai juru parkir di Pasar Kejawang Sruweng. "Suratno  itu juru parkir. Dia memang suka memakai atribut militer ataupun polisi. Siang tadi ngamuk dan sudah diamankan," kata  Iptu Tugiman, Kasubbag Humas Polres Kebumen.

Begitu berhasil dibujuk, Suratno akhirnya mau diajak berobat ke Shelter Kesehatan Jiwa UPTD Puskesmas Karanganyar Kebumen. Suratno dievakuasi menggunakan mobil ambulans untuk menjalani rawat inap.

Penuturan keluarga, sebelumnya Suratno pernah menjalani pengobatan gangguan jiwa di RSJ dr Soerojo  Magelang. Beberapa minggu terakhir dia sering kambuh, merusaka apa saja yang berada di depannya. (sol)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini