Sebarkan Nilai Positif, Gerakan KitaVSCorona Bergaung

Sebarkan Nilai Positif, Gerakan KitaVSCorona Bergaung

KORANBERNAS.ID, JOGJA-- Presiden Jokowi telah menginstruksikan kepada masyarakat Indonesia untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah sejak 16 Maret 2020. Untuk memerangi pandemik Covid-19 dibutuhkan kolaborasi seluruh dunia, sedangkan bagi para lini terdepan Grab Indonesia dibutuhkan keberanian untuk bergabung dalam gerakan KitaVSCorona.

“Seluruh rangkaian Mitra Pengemudi, pengantaran, merchant dan karyawan Grab Indonesia bersatu untuk melawan musuh bersama yaitu pandemi virus. KitaVSCorona berupaya untuk menyebarkan nilai-nilai positif, membangun keteguhan dan memberdayakan masyarakat Indonesia saat masyarakat bergotong royong untuk meratakan kurva pandemi,” ungkap Neneng Goenadi, Managing Director, Grab Indonesia dalam keterangant tertulisnya, Kamis (19/03/2020).

Para Mitra pengemudi, pengantaran dan merchant kami, telah menjadi pahlawan yang membantu keseharian. Mereka terus melayani masyarakat Indonesia pada masa yang penuh cobaan ini.

"Kami telah menempatkan berbagai upaya pencegahan tambahan serta paket dukungan untuk melindungi kesehatan, kesejahteraan dan keberlangsungan hidup mereka," paparnya.

Menurut Neneng, sejak dimulainya wabah penyebaran virus COVID-19 pada bulan Desember, Grab Indonesia telah memonitor situasi dan mempersiapkan seluruh pemangku kepentingan Grab pada respon terhadap Covid-19.

Di Grab, pihaknya menempatkan kesehatan dan keselamatan pelanggan, Mitra Pengemudi dan merchant menjadi prioritas utama dalam seluruh kegiatan operasional.

"Melalui upaya jaga jarak sosial yang aman dan efektif, kemitraan dari segi teknologi dan inisiatif edukasi kami, kami telah menerapkan langkah-langkah tegas untuk membatasi penyebaran virus di Indonesia," ungkapnya.

Di masa yang tidak pasti ini, sebagai aplikasi serba bisa di Indonesia, Grab memiliki kewajiban untuk memastikan seluruh lini layanan berjalan dengan resiko yang lebih minim bagi semua pelanggan dan lini mitra yang dilayani dan dukung dalam platform tersebut. Sebagai langkah perlindungan bagi pelanggan dan mitra pengantaran, platform itu telah memperkenalkan Pemesanan Tanpa Kontak di antara kedua pihak. Pelanggan GrabFood dan GrabExpress dapat mengikuti panduan Pemesanan Tanpa Kontak yang tersedia dalam aplikasi atau dengan mengikuti tiga langkah mudah.

"Informasikan mitra pengantaran untuk meletakkan pesanan di luar pintu atau lokasi tertentu seperti resepsionis gedung jika diizinkan oleh manajemen gedung yang bersangkutan," tandasnya.

Mitra pengantaran akan memberitahu pelanggan saat mereka telah tiba di lokasi pengantaran. Setelah itu meletakkan pesanan di tempat yang telah ditentukan dan menunggu pelanggan untuk mengambil pesanan dimana mereka akan berdiri setidaknya 2 meter dari pesanan tersebut.

"Kami sangat menyarankan pelanggan untuk memilih pembayaran non-tunai. Jika penggunaan uang tunai tidak dapat dihindari, pelanggan dapat meletakkan uang tersebut di dalam amplop dan menaruhnya di tempat pesanan yang telah ditentukan sebelumnya," imbuhnya.(*/yve)