safari-gemar-makan-ikan-di-lokasi-tmmd-reguler-108-kodim-banyumasSafari Gemar Makan Ikan di di Aula Balai Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Banyumas, Sabtu (4/7/2020). (istimewa)


redaktur

Safari Gemar Makan Ikan di Lokasi TMMD Reguler 108 Kodim Banyumas


SHARE

KORANBERNAS.ID, BANYUMAS – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI melalui Komisi IV DPR RI, melakukan Safari Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) kepada masyarakat di lokasi TMMD Reguler 108 Kodim 0701/Banyumas. Safari Gemarikan tersebut bertujuan membangun kesadaran gizi  masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan.

Safari edukasi di wilayah Kabupaten Banyumas ini difokuskan kepada masyarakat Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, karena sedang adanya pembangunan SDM skala besar melalui nonfisik TMMD Reguler 108 Kodim 0701/Banyumas.


Baca Lainnya :

Sunarna SE, MHum, Anggota Komisi IV DPR RI, mengatakan Gemarikan merupakan program nasional yang dicanangkan oleh KKP sejak 2004 silam. “Safari ini bertujuan untuk mendorong kesadaran  masyarakat untuk memakan ikan sejak dini karena sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak,” katanya di Aula Balai Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Banyumas, Sabtu (4/7/2020).

Sunarna berharap keberadaan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) melalui Kelompok Wanita Tani (KWT) dapat menjadi peluncur dalam upaya meningkatkan konsumsi ikan, sekaligus membantu dinas terkait dalam memerangi stunting di wilayah Banyumas.


Baca Lainnya :

Sementara itu, Kepala BBP3KP Jawa Tengah, Ir Widya Rusyanto M.SI, mengatakan ikan banyak terkandung omega 3 yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak anak terutama pada masa emas pertumbuhan (golden period) atau seribu hari sejak kelahiran.

“Ikan juga sangat penting bagi ibu pada masa persiapan kehamilan, masa kehamilan, hingga menyusui. Apabila generasi dini gemar makan ikan, maka diharapkan mereka akan menjadi generasi pemimpin yang cerdas,” ujarnya.

Agar anak gemar ikan, lanjutnya, maka improvisasi perlu dilakukan yaitu dengan menyajikan dalam bentuk makanan yang disukai anak seperti dibuat menjadi bakso, sosis, nugget dan lain-lain.

Disamping mensosialisasikan Gemarikan, KKP RI melalui Anggota Komisi IV DPR RI, juga memberikan 500 paket bantuan kepada 500 orang warga masyarakat Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas.

Menurut Sunarna, bantuan tersebut sebagai nilai tambah dari sosialisasi Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan), yang disinkronkan dengan kegiatan nonfisik TMMD Reguler 108 Kodim 0701/Banyumas di desa tersebut.

Plt. Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas, Sri Yono SH, MSi, mengatakan satu keluarga menerima satu paket bantuan yang berisikan 1 kg ikan nila mentah, 1 kg paket olahan ikan masak, masker sebanyak 4 buah dan juga buku resep pengolahan ikan. “Untuk 1 kilogram paket olahan ikan masak berisikan abon ikan tongkol, stik gurami dan pepes bandeng,” bebernya.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis kepada perangkat desa, Ketua Karang Taruna, perwakilan Ormas, tokoh agama dan tokoh masyarakat Petahunan.

Hadir juga dalam edukasi tersebut Bambang Hari Bachrudin selaku anggota DPRD Jateng, Wakil Bupati Banyumas Drs H Sadewo Tri Lastiono, Plt. Kabid UPK Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng Kurniawan Priyo Anggora Sp MM, Kadis PMPT Satu Pintu Banyumas Amrin Ma’ruf, Plt. Kadisnakan Banyumas Sri Yono SH M.Si, Forkompimcam Pekuncen, dan juga Kades Petahunan Rohmat Fadli. (*)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini