rayakan-ulang-tahun-korpri-bantul-gelar-lomba-catur-kilatPemenang lomba catur dalam  rangka ulang tahun yang ke-51 Korpri Kabupaten Bantul. (istimewa)


Sariyati Wijaya
Rayakan Ulang Tahun, Korpri Bantul Gelar Lomba Catur Kilat

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Guru  MTsN 3 Bantul, Drs Sutanto, mewakili Kantor Kemenag Bantul maju lomba  Catur Kilat dan Catur Cepat se-Bantul. Kejuaraan catur tersebut digelar Korpri Kabupaten Bantul dalam rangka ulang tahunnya ke-51.


Turnamen berlangsung di Omah Ayu, Bajang Gilangharjo Pandak, Senin (19/9/2022) dan Selasa (20/9/2022).Catur Cepat/Rapid adalah catur yang memiliki kontrol waktu lebih dari 10 menit setiap pemain. Catur Kilat atau Blitz  memiliki kontrol waktu antara tiga dan 5 menit per pemain.


Dalam rilis ke koranbernas.id, Rabu (21/9/2022), Sutanto menjelaskan dirinya meraih dua penghargaan sekaligus sebagai runer up untuk Catur Kilat dan Catur Cepat.

“Lomba ini diikuti 26 peserta dari utusan OPD dan Kapanewon se Bantul. Hari pertama mempertandingkan catur kilat 5 menit increment (tambahan waktu) 3 detik dengan sistem Swiss 6 babak,” terangnya.


Sampai 5 babak Sutanto memimpin sendirian dengan 5 poin, dibayangi Romi (Parasamya), Joko Sinar (RSPS) dan Widada (DPUPKP & BPBD). Namun di babak ke-6  Sutanto dijegal Romi, sedangkan Joko Sinar dan Widada bermain draw. Akhirnya Sutanto dan Romi sama-sama mengantongi poin sama yaitu 5.

Sebenarnya dari Buchholz (BH) dan Solkoff (SB), Sutanto lebih unggul, namun karena yang digunakan untuk penentuan peringkat adalah kemenangan saat bertemu (head to head) maka Romi yang menduduki peringkat pertama.

Buchholz/Solkoff adalah jumlah poin dari lawan-lawan yang pernah dihadapi. Pada hari kedua dipertandingkan catur cepat 15 menit tanpa increment dengan sistem Swiss 6 babak, lagi-lagi guru MTsN 3 Bantul tersebut harus puas pada urutan ke-2 karena terganjal Rojikan dari Disdikpora.

Meskipun Rojikan dikalahkan Widada dan meraih poin akhir 6 sama dengan yang diraih Sutanto, namun karena head to head sebagai penentuan juara, maka Rojikan yang ditetapkan sebagai juara.

Selain Sutanto, dalam event ini Kemenag Bantul mengirim 2 pecatur yakni Drs Suryantana (MAN 2 Bantul) dan Soeratmanta M Pd (MTsN 7 Bantul).

Kasubag TU Kemenag Bantul, H Mukotip M Pd I  menyambut gembira keberhasilan duta dari Kemenag tersebut, karena secara langsung atau tidak langsung membawa nama baik lembaganya di tingkat Kabupaten Bantul.

“Kemenag memiliki komitmen turut memajukan olahraga termasuk catur, karena setiap peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) rutin mengadakan pertandingan olahraga. Dan yang dikirim di even Korpri ini adalah hasil dari pertandingan saat HAB akhir 2021 lalu,” terang Mukotip.

Adapun hasil selengkapnya untuk 2 kategori adalah Catur Kilat, juara 1 Romy (Parasamya) juara 2 Sutanto (Kemenag)  juara 3 Joko Sinar (RSPS) juara 4  Widada (DPUPKP & BPBD) dan juara 5 Rojikan (Dikpora).

Untuk Catur Cepat juara 1 Rojikan (Dikpora), juara 2 Sutanto (Kemenag) juara 3 Widada (DPUPKP & BPBD), juara 4  Romy (Parasamya) dan juara 5. Slamet (Parasamya). (*)


TAGS: catur  Bantul 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini