pondok-pesantren-jadi-klaster-baru-penularan-covid19-di-kebumenIlustrasi. (freepik.com)


Nanang WH

Pondok Pesantren Jadi Klaster Baru Penularan Covid-19 di Kebumen


SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kebumen merilis munculnya klaster baru penularan, yakni klaster pondok pesantren. Ditemukan 52 kasus terkonfirmasi Covid-19 di 2 pondok pesantren.

Sepekan terakhir ini jumlah terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Kebumen bertambah 102 kasus. Penambahan kasus berasal dari pengambilan sedikitnya 527 swab. Juga terjadi perluasan asal pasien terkonfirmasi Covid-19.

Data yang dihimpun koranbernas.id dari Bidang Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan (PP) Covid-19 Kebumen pada 16 September 2020, jumlah terkonfirmasi Covid-19 di Kebumen ada 404 orang. Sementara data dari laman corona.kebumenkab.go.id yang diupdate terakhir, Minggu (20/9/2020) malam, kasus konfirmasi meningkat menjadi 369 orang.

Dari data ini menunjukkan, selama sepekan terakhir ada penambahan 67 kasus, 242 orang sembuh, 143 orang dirawat di rumah sakit  rujukan dan isolasi di rumah pasien.

Koordinator Bidang Humas Gugus Tugas PP COVID-19 Kebumen Cokro Aminoto menjelaskan, ada beberapa jenis penularan selama sepekan terakhir ini. Diantaranya, klaster keluarga, pendatang, riwayat perjalanan ke luar kota.

Humas Gugus Tugas PP Covid-19 Kebumen/Sekretaris Dinas Kesehatan Kebumen, Kusbiyantoro, kepada koranbernas.id membenarkan terjadi perluasan daerah asal pasien Covid-19 di Kebumen. Bahkan terjadi penambahan 7 kasus di 2 Rukun Warga di daerah baru asal pasien.

Cokro Aminoto dan Kusbiyantoro meminta kepada masyarakat agar menaati protokol kesehatan. Kepatuhan menjalankan protokol kesehatan, menjadi upaya pencegahan penularan Covid-19. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini