peringati-hari-pramuka-kwarcab-purworejo-banjir-penghargaanKetua Kwarcab Purworejo, Pram Prasetya Achmad memperoleh penghargaan Peran Darma Bhakti Pramuka, Minggu (14/8/2022). (w asmani/koranbernas.id)


Wahyu Nur Asmani EW
Peringati Hari Pramuka, Kwarcab Purworejo Banjir Penghargaan

SHARE

KORANBERNAS.ID,PURWOREJO -- Keseriusan Kwarcab (Kwartir cabang) Purworejo untuk memajukan Pramuka mendapat penghargaan dari Kwarnas (Kwartir Nasional). Dalam rangka peringatan Hari Pramuka atau Hari Ulang Tahun (HUT) ke 61 Gerakan Pramuka Kwarcab Purworejo Tahun 2022, Kwarcab Kabupaten Purworejo Jawa Tengah (Jateng) beberapa personil mendapatkan penghargaan dari Kwarnas, termasuk Ketua Kwarcab Purworejo, Pram Prasetya Achmad.


Penghargaan diberikan dalam upacara Hari Pramuka di di Lapangan Desa Maron, Minggu (14/8/2022). Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Purworejo Yuli Hastuti.

  • Ratusan Anggota Pramuka Jalan Kaki 53 Kilometer
  • Kini Kartu Anggota Pramuka Jadi ATM

  • "Saya punya kesan tersendiri dengan Pramuka. Saya dulu mengikuti Pramuka dari SD sampai SMA, senang sekali kalau harus kemah," paparnya.

    Menurutnya, pramuka baik sekali untuk mendidik anak dari SD sampai keatas yaitu pendidikan SLTA.
    Dua juga melihat beberapa prestasi Pramuka di Kabupaten Purworejo.


    "Prestasi pramuka Purworejo sudah baik dan belum tentu dimiliki kabupaten lain. Prestasi pramuka Purworejo tahun ini, meningkat sekali dari tahun sebelumnya," terang Yuli.

    Ketua Kwarcab Purworejo, Pram Prasetya Achmad menambahkan tahun ini ada banyak even bersama  Kwarda dan Kwarnas. Kwarnas memberikan 15 penghargaan kepada para pembina tingkat Kwarcab Purworejo.

    "Kwarcab Purworejo memperoleh gugus depan mantap tingkat penggalang penggalang diraih SMP Negeri 10 Purworejo, dan tingkat penegak diraih olah SMA 5 sebagai juara harapan," jelas Pram.

    Tahun ini Kwarcab Purworejo ditunjuk Kwarnas dengan 17 kabupaten kota lainnya untuk membuat koreografi untuk pembukaan Jamnas yang dibuka oleh Presiden pada hari ini.

    Selain itu Kwarcab Purworejo tahun ini telah menyelenggarakan Pesta Siaga untuk SD. Dan telah berhasil dalam lomba tingkat 3 penggalang untuk 5 tahunan. Kedepan Kwarcab Purworejo menyiapkan lomba tingkat 4 untuk Kwarda.

    "Tahun ini kami menyelenggarakan kursus mahir dasar pembina di tingkat gugus depan. Dan Pembekalan Dewan Ambalan untuk Saka Adyasta untuk petugas Bawaslu. Kita berharap bisa mengawal Pemilu 2024," terang Pram yang menjabat Sebagai Ketua Kwarcab Purworejo sejak tahun 2018.

    Sebagai Ketua Kwarcab Pram berusaha bekerja keras untuk melahirkan Pramuka Garuda. Sebab Kwarda tingkat provinsi menggalakkan Pramuka Garuda.

    "Kwarda menargetkan 50 ribu Pramuka Garuda mulai Siaga Penggalang dan penegak,' ujarnya.

    Pram dan aktivis Kwarcab lainnya menerima penghargaan Peran Darma Bhakti Pramuka. Ada 15 orang mendapatkan penghargaan atas peran Darma Bhakti untuk Pramuka.

    Sementara itu Soekoso DM Waka (Wakil Ketua) Bidang Binawasa menambahkan dalam HUT ke 61 Pramuka harus mampu mengabdi tanpap batas.

    "Pramuka media kaun muda untuk pembangunan karakter atau watak positif seperti tergambar dalam Pancasila. Secara nasional, bagian dari warga negara yang Pancalais dalam bentuk Satya Pramuka dan Darma Pramuka.

    Dia mengaku selama pandemi pihaknya tidak bisa normal , namun Pramuka berusaha diri menyesuaikan diri dengan Teknologi Informasi (TI). Sebagai contoh ada lomba tingkat siaga secara online menggunakan laptop. 

    "Dalam lomba secara online kalau ada adik-adik disini dalam lomba online ada pembina yang mengajari, pasti ketahuan karena matanya melirik kesana kemari," ujarnya.

    Selain itu Sukoso menggenjot jumlah Pramuka Garuda di Purworejo. Hal ini seiring program Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menggalakkan 50 ribu Pramuka Garuda se Jateng. 

    "Target tersebut juga  kami kejar, di Purworejo sendiri sudah ada hampir 2000 Pramuka Garuda," ujar Koso.

    Dia menambahkan pihaknya akan terus melakukan pengkaderan dalam waktu 1 sampai 3 bulan, untuk Pramuka Garuda. Waktu 3 bulan menurutnya cukup untuk membentuk Pramuka Garuda.(*)



    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini