Penumpang KA Selama Liburan Idul Adha Naik 133 Persen

Penumpang KA Selama Liburan Idul Adha Naik 133 Persen
Suasana di Stasiun KA Purwokerto ketika libur panjang Idul Adha 1444 H. (istimewa)

KORANBERNAS.ID, PURWOKERTO -- Penumpang kereta api (KA) selama liburan panjang Hari Raya Idul Adha di Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto mencapai 127.107 orang. Dibandingkan dengan liburan Idul Adha tahun lalu, naik 133 persen. 

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Krisbiantoro menjelaskan, berdasarkan data yang dihimpun hingga Minggu (2/7/2023) Lebaran Idul Adha tahun 2022 rata-rata per hari 12.951 penumpang naik. Tahun ini 14.208 penumpang turun per hari untuk periode 24 Juni 2023 hingga 3 Juli 2023.

Terjadi puncak arus mudik atau penumpang turun di wilayah Daop 5 sebanyak 18.829 penumpang Rabu (28/6/2023). Adapun total jumlah penumpang turun mencapai 137.033 penumpang.

Meningkatnya animo masyarakat menggunakan moda transportasi KA ini dipengaruhi cuti bersama yang telah ditetapkan oleh pemerintah mulai Rabu 28 Juni 2023 serta bertepatan dengan masa libur sekolah.

Tiket KA jarak jauh yang telah terjual di periode akhir masa libur Lebaran Idul Adha untuk KA keberangkatan awal dari stasiun di wilayah Daop 5, seperti KA Sawunggalih keberangkatan awal dari Stasiun Kutoarjo tujuan Stasiun Pasar Senen bahkan mencapai 111 persen dibandingkan tahun lalu.

Menurut dia, pencapaian melampaui target jumlah penumpang dipengaruhi pergerakan penumpang dinamis yang naik turun di stasiun antara.

Lima stasiun tujuan favorit dengan jumlah penumpang terbanyak yaitu Stasiun Pasar Senen mencapai 11.314 penumpang, Stasiun Yogyakarta sebanyak 9.620 penumpang, Stasiun Kiara Condong sejumlah 8.051 penumpang, Stasiun Gambir sebanyak 6.739 penumpang dan 5.290 penumpang dengan tujuan Stasiun Jatinegara.

Krisbiantoro mengimbau agar penumpang datang satu jam sebelum keberangkatan kereta api untuk meminimalisir ketinggalan kereta mengingat sejak diberlakukannya Grafik Perjalanan KA (Gapeka) baru per 1 Juni 2023 banyak terdapat perubahan jadwal keberangkatan maupun kedatangan KA.

"Kepada penumpang yang membawa bagasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Krisbiantoro.

Manajemen KAI senantiasa berkomitmen menyediakan jasa layanan transportasi yang mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan bagi seluruh pelanggan yang dibarengi dengan pelayanan prima, sehingga terwujud kepuasan seluruh pelanggan. (*)