Kamis, 06 Mei 2021,


penggiat-adiwiyata-dorong-pengembangan-sekolah-ramah-lingkunganWebinar Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Himpunan Penggiat Adiwiyata (HPAI) Kota Yogyakarta. (Istimewa)


Muhammad Zukhronnee Muslim
Penggiat Adiwiyata Dorong Pengembangan Sekolah Ramah Lingkungan

SHARE

KORANBERNAS.ID,YOGYAKARTA -- Kepengurusan  Dewan Pimpinan Wilayah (DPW)  Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) Kota Yogyakarta telah terbentuk  pada Maret 2021. Pembentukan DPW HPAI Kota Yogyakarta bertujuan  untuk mendorong lahirnya inovasi dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.


Any Latifah, Selaku Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) Kota Yogyakarta mengatakan, pihaknya ingin mewujudkan sekolah atau madrasah dan masyarakat yang berwawasan dan berbudaya ramah lingkungan.


"Serta berkomitmen menjadi pelopor dalam edukasi dan motivasi gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah/ madrasah dan masyarakat," ujarnya dalam keterangan tertulisnya kepada koranbernas.id, Minggu (11/4/2021).

Kegiatan ini diharapkan ikut serta membantu percepatan proses tercapainya Sekolah Adiwiyata untuk seluruh sekolah yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Juga bisa membuahkan hasil adanya kekuatan untuk terus memotivasi sekolah atau madrasah dan masyarakat agar bisa mewujudkan berbudaya lingkungan.


"Sehingga sekolah   bisa memiliki lingkungan hijau, bersih dan indah," ujarnya.


Sementara Tri Asih, Kepala Bidang Pendidikan Menegah Disdikpora DIY mengungkapkan  HPAI diharapkan dapat membantu lembaga pendidikan, khususnya sekolah atau madrasah dalam menerapkan dan mengembangkan sekolah berbudaya lingkungan.


Terkait kegiatan kali ini, DPW HPAI Kota Yogyakarta mengawali dengan mengadakan Bimtek Percepatan Adiwiyata yang diikuti oleh sekolah-sekolah berbagai jenjang SD, SMP, SMA dan SMK se DIY. Sejumlah 458 partisipan melakukan webinar sejak Selasa (6/4/2021) dilanjutkan dengan   penugasan mandiri  kepada peserta bimtek hingga Jumat (9/4/2021). Turut hadir sebagai pemateri dalam bimtek ini antara lain, Yustina Sri Rahayu, selaku Assesor Akreditasi Nasional Kemendikbud RI, Ita yang mewakili HPAI Pusat, Balau Eko Purwanto, S.T dari Seksi Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas LHK DIY.(*)



SHARE

'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini