Rabu, 16 Jun 2021,


pengelolaan-zakat-baznas-meningkatBupati Arif Sugiyanto melantik pimpinan Baznas Kebumen. (Istimewa)


Nanang W Hartono
Pengelolaan Zakat Baznas Meningkat

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN-- Jumlah zakat dan infaq yang dikelola Baznas Jateng dalam tiga tahun terakhir meningkat. Hal ini menunjukkan, kesadaran umat Islam untuk memberikan zakat dan Infaq makin meningkat.


Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Baznas Jawa Tengah Drs HM Zain Yusuf MM, pada pelantikan pimpinan Baznas Kebumen masa jabatan 2021- 2026, Kamis (26/3/2021).


Pimpinan Baznas Kebumen yang dilantik Bupati Kebumen H Arif Sugianto, SH, terdiri Drs Bambang Sucipto MPdI ( Ketua), Wakil Ketua Drs H Hartono MPdI,, H Achmad Sahli Syam ST, MT, H Najib Chamidi, SHI dan Ir Sumanto.

Zain Yusuf mengungkapkan,, Baznas Jateng tahun 2018 menghimpun dana Rp 31 miliar, tahun 2019 Rp 48 miliar, tahun 2020 naik menjadi Rp 55 miliar. Dana zakat dan Infaq yang sebagian besar dari aparatur sipil negara, dihimpun dari gaji dan pendapatan lain.


Zain Yusuf meminta kepada Pimpinan Baznas Kebumen dekat dengan bupati. Dengan demikian, dana yang dihimpun dari ASN bisa lebih meningkat.


Arif Sugiyanto mengungkapkan, tahun 2020 berhasil menghimpun zakat dan Infaq Rp6,8 miliar. Diharapkan, pada tahun mendatang bisa meningkat beberapa kali lipat. Bertambahnya zakat dan Infaq yang dihimpun, setelah pemberian zakat dan Infaq dari PNS, dibolehkan kembali dengan dipotong gaji.


Baznas Kebumen telah banyak berperan membantu kegiatan masyarakat. Misalnya tanah longsor di Padureso, Baznas Kebumen membantu pembangunan rumah warga yang rusak.

Pimpinan Baznas Kebumen, dua orang pimpinan Baznas 2016 - 2021, yakni HH Achmad Sahli Syam dan Najib Chamidi. Ketua Baznas Kebumen, sebelum pensiun PNS, Kepala Kantor Kementerian Agama Purworejo. (*)


TAGS: zakat  baznas  kebumen 

SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini