Pastikan Jaringan Stabil, Telkomsel Implementasikan Standar Arsitektur Jaringan Autonomous Network Berbasis AI

Pastikan Jaringan Stabil, Telkomsel Implementasikan Standar Arsitektur Jaringan Autonomous Network Berbasis AI
Penjelasan tentang kesiapan menambut Ramadan dan Idul Fitri. (istimewa)

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA—Ramadan dan Idul Fitri 2024, Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa. Peningkatan utamanya akan didorong oleh kenaikan aktivitas digital masyarakat, mulai dari online gaming sebesar 40,84%, communications 25,49%, video streaming 22,61%, social media 11,14%, sampai dengan e-commerce 9,17%.

Guna memastikan kestabilan kinerja dan kualitas jaringan broadband secara andal dan efisien, Telkomsel telah mengimplementasikan standar arsitektur jaringan Open Digital Architecture (ODA) Autonomous Network pertama di Indonesia. Standar arsitektur jaringan ini diimplementasikan dengan skema zero touch self-assurance berbasis AI, untuk lebih cepat mendeteksi, mendiagnosis, mengoptimalkan, dan memulihkan fungsi jaringan secara mandiri dan otomatis.

Vice President Global Network Operations Telkomsel, Galumbang Pasaribu mengatakan, dibandingkan dengan momen RAFI tahun sebelumnya, Telkomsel memperkirakan kenaikan trafik mencapai 14,63% lebih tinggi, dengan payload tertinggi sebanyak 60,10 PB (Peta Byte) pada puncak RAFI tahun ini.

Sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, kami berkomitmen memastikan pengalaman digital pelanggan yang berkesan selama momen RAFI 2024, melalui kesiapan infrastruktur konektivitas broadband inovatif dengan jangkauan terluasnya,” kata Galumbang.

Melalui berbagai persiapan, utamanya menyangkut jaringan, Telkomsel kata Galumbang, berharap dapat membuka lebih banyak peluang kebersamaan pelanggan dan memberdayakan masyarakat dalam merayakan kehadiran bulan Ramadan dan menjalin silaturahmi lebih erat dengan kerabat, keluarga, maupun kolega hingga momen Idul Fitri nanti.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada momen RAFI 2024, Telkomsel telah melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan yang difokuskan pada 444 titik keramaian di berbagai wilayah Indonesia.

Titik keramaian tersebut mencakup 288 area khusus (pusat perbelanjaan, alun-alun, dan lainnya), 57 area transit transportasi (bandara, pelabuhan, dan stasiun), 42 wilayah residensial, 38 jalur mudik (termasuk Rest Area dan SPBU), serta 19 kawasan ibadah (masjid dan rumah ibadah lainnya).

Secara keseluruhan, penguatan kapabilitas jaringan ini melengkapi kehadiran lebih dari 244 ribu BTS Telkomsel berteknologi 4G/LTE dan 5G terkini, yang mencakup hingga 97 persen wilayah populasi di Indonesia.

Gilang Prasetya, Senior Vice President Consumer Business Operations Telkomsel mengungkapkan, pihaknya bertekad untuk menghadirkan layanan yang bukan saja inovatif dan terdepan, tetapi juga dapat saling menguatkan hubungan antar sesama yang penuh arti.

Telkomsel berkeyakinan, bahwa produk dan layanan yang dihadirkan tidak hanya memudahkan, namun juga harus mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat luas. Oleh karena itu Telkomsel berharap melalui ragam inovasi dan layanan di periode Ramadan dan Idul Fitri, akan menambah kebersamaan dan keberkahan bagi setiap individu dan keluarga di Indonesia.

“Kami juga menghadirkan berbagai promo spesial, mulai dari Paket Super Seru dengan kuota data yang lebih besar, serta kuota data tambahan untuk Aktivasi Kartu Perdana dan Registrasi IMEI Baru. Khusus pelanggan Telkomsel Halo (pascabayar), tersedia peluang mendapatkan Kejutan THR melalui program Ekstra Kuota dan program Flash Sale dengan berbagai keuntungan tambahan pendaftar baru,” katanya.

Bagaimana dengan layanan internet rumah?. Gilang menjelaskan, Telkomsel punya penawaran Ultra Mesh Wi-Fi baru yang dapat memperluas jangkauan internet IndiHome di rumah, Surprise Deal Ramadan khusus Orbit, hingga program Weekly Quiz dan Nonton Bersama IndiHome.

Terdapat pula penawaran khusus dari Telkomsel untuk menikmati konten-konten yang menginspirasi selama Ramadan dan kesempatan berbagi kebahagiaan melalui berbagai program, seperti beragam paket langganan hingga kemeriahan kolaborasi dengan layanan streaming yang bekerja sama dengan Telkomsel, seperti Netflix, YouTube, Catchplay+, WeTV, hingga HBO GO, serta kuota data tambahan, cashback hingga 90%, voucher bundling, hingga turnamen komunitas bersama Dunia Games. (*)