Pasien Positif Covid-19 di Klaten Terus Bertambah

Pasien Positif Covid-19 di Klaten Terus Bertambah

KORANBERNAS.ID, KLATEN - Untuk pertama kalinya seorang warga Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan demikian jumlah pasien positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit hingga saat ini menjadi 12 orang sekaligus mengubah wilayah Kecamatan Cawas menjadi zona merah.

"Hari ini ada penambahan satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Inisial AP, (29 tahun, pria dari Cawas," kata dr Cahyono Widodo M.Kes, Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (PP) Covid-19 Kabupaten Klaten, Rabu (10/6/2020).

AP merupakan seorang anak buah kapal (ABK) yang kemungkinan terpapar saat bekerja di kapal. Dia tiba di Klaten pada 29 Mei 2020 dan langsung menjalani isolasi mandiri.

Pada 8 Juni lalu hasil tes swab yang bersangkutan diambil dan dinyatakan positif terjangkit Covid-19 dan langsung dirawat di Rumah Sakit Daerah (RSD) Bagas Waras dengan kondisi baik.

Satgas telah melakukan tracing terhadap orang-orang yang pernah kontak erat dengan pasien dan akan melakukan rapid test.

Untuk menyikapi penambahan jumlah pasien positif Covid-19, gugus tugas tidak henti-hentinya mengimbau satgas RT dan RW untuk lebih memperketat pengawasan terhadap warga yang bekerja di luar kota.

Bagi warga yang pulang dari luar kota agar segera melapor ke satgas RT dan RW. Kepada warga diimbau menaati protokol kesehatan seperti yang dianjurkan pemerintah, agar tidak tertular. (eru)