MotoGP Mandalika Bangkitkan Industri Pariwisata Nasional
KORANBERNAS.ID, LOMBOK -- Gelaran event balap dunia MotoGP 2022 Mandalika menyita perhatian masyarakat dunia, pasalnya setelah sukses menghelat Superbike pada 2021, sirkuit baru kebanggaan bangsa Indonesia ini baru pertama kali digunakan untuk ajang balap motor sekelas MotoGP.
Selain memiliki pemandangan alam yang tidak ada duanya, konsep street sirkuit yang dimiliki Sirkuit Mandalika memungkinkan untuk dilaksanakannya balapan yang lebih besar, selain itu Steet Sirkuit bisa berfungsi lain bila gelaran balap kelas dunia sedang tidak berlangsung.
Selain sirkuit, khususnya di area sekitar jalur utama, masyarakat bisa memfungsikannya sebagai joging track atau atraksi pariwisata yang dapat mendukung berkembangnya pariwisata daerah.
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus berkomitmen nyata dalam memajukan industri pariwisata di Indonesia, salah satunya ditunjukkan lewat dukungan perseroan terhadap event MotoGP Mandalika.
Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengungkapkan, event MotoGP merupakan peluang untuk menunjukkan potensi yang dimiliki oleh Indonesia di kancah internasional.
“Meski diselenggarakan di tengah kondisi pandemi, perseroan optimistis inisiatif ini akan menjadi terobosan di sektor pariwisata sehingga bisa kembali menggerakkan perekonomian nasional,” ujarnya.
Handayani melanjutkan, salah satu dukungan BRI, yakni dengan melalui sponsor branding di Bukit 360 di kawasan sirkuit Mandalika. Bale Bukit 360 Mandalika yang dinamai dengan BRI Svarga tersebut mampu menampung kapasitas hingga 50 pax.
"Nantinya, BRI Svarga dapat dinikmati oleh 50 undangan selama pertandingan Moto GP berlangsung, yakni 18-20 Maret 2022. Benefit lainnya yang akan didapatkan juga termasuk menu main course, dessert dan beverages," lanjutnya.
Selain itu, pihaknya juga akan menyediakan activation booth di sirkuit dan bandara Lombok berupa penempatan e-Buzz BRI dan berbagai produk/layanan BRI. Di titik parkir timur sirkuit, perseroan akan menempatkan BRI Experience Expo yang akan menampilkan pameran berbagai produk UMKM.
"Juga terdapat ratusan merchant UMKM kuliner, restoran, toko souvenir dan apparel di area sirkuit yang dapat dibeli menggunakan transaksi QRIS dan EDC BRI," imbuhnya.
Handayani pun optimis, gelaran MotoGP 2022 di Indonesia akan membawa industri pariwisata bergeliat, khususnya di Lombok. Seperti diketahui, sektor pariwisata menjadi yang terdampak paling besar dengan adanya pandemi.
"Menurut data BPS, sepanjang 2020 tercatat sekitar 409 ribu tenaga kerja di sektor pariwisata kehilangan pekerjaan akibat pandemi," kata Dia.
“Pariwisata memiliki multiplier effect yang tinggi sehingga BRI terus mendukung pemulihan ekonomi di sektor ini. Kami berharap, kontribusi ini dapat mendorong aktivitas bisnis pelaku UMKM yang tak lain juga merupakan core business BRI,” tutupnya.(*)