Rabu, 20 Jan 2021,


menggunakan-apd-anggota-linmas-siap-bertugas-saat-pilkada-Apel Satlimas Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambangliupuro, Bantul, dengan penerapan protokol kesehatan, Rabu (3/12/2020). (sariyati wijaya/koranbernas.id)


Sariyati Wijaya

Menggunakan APD, Anggota Linmas Siap Bertugas Saat Pilkada


SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Apel Siaga Satlinmas Kalurahan  Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Bantul dalam menghadapi Pilkada 2020, digelar dengan pimpinan apel Lurah Desa Sumbermulyo, Dra Ani Widayani MIP, Rabu (3/12/2020).

Kegiatan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan, yakni wajib mengenakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak antar-peserta.


Hadir dalam kesempatan tersebut Komandan Satpol PP Kabupaten Bantul, Yulius Suharta MM, dan Kapolsek Bambanglipuro, AKP Khabibulloh.

Dalam sambutanya Lurah Ani mengatakan, apel ini sengaja  diselenggarakan sebagai upaya Pemerintah Kalurahan Sumbermulyo untuk menciptakan dan mendukung keamanan serta  ketertiban di wilayah tersebut.


“Apel siaga juga sebagai bentuk kesiapan kita semua dalam mengantisipasi dan mengamankan kegiatan Pilkada Kabupaten Bantul yang digelar 9 Desember yang mana memerlukan pengamanan dari unsur Satlinmas. Personil yang kita terjunkan ada  71 orang dan akan bertugas bersama TNI dan Polri,” katanya.

Apel juga untuk mengecek kesiapan dari masing-masing personil keamanan Satlinmas.  

Dirinya juga mengapresiasi seluruh aparat keamanan, tokoh masyarakat serta seluruh peserta apel dalam upaya memelihara dan mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif.

“Pesan saya, tingkatkan ketakwaan kepada Tuhan YME seraya berdoa agar dalam melaksanakan tugas diberikan kesehatan dan keamanan. Seluruh personil agar melaksanakan tugas ini dengan penuh semangat, disiplin, tulus dan iklas sehingga pelaksanaan pengamanan tidak hanya berjalan tertib, aman dan terkendali, namun juga bernilai ibadah di mata Allah SWT,” kataya.

Sementara Yulius Suharta mengatakan, apel digelar dalam rangka rangka kesiap siagaan Pilkada 9 Desember 2020.  “Kami dari jajaran Satpol PP yang membawahi keberadaan Satlinmas di 75 desa mencoba mengoptimalkan peran mereka dalam mendukung kelancaran Pilkada yang tinggal 6 hari lagi,” kataya.

Sesuai amanat UU, setiap TPS akan ada 2 petugas Satlinmas. Dengan jumlah 2.085 TPS se Bantul, maka jumlah Satlimas  yang  diterjunkan sebanyak 4.170 orang.

“Saya berpesan kepada anggota Linmas karena Pilkada digelar dalam situasi pandemi Covid-19, maka mereka harus menjaga kesehatan agar bugar saat bertugas,” katanya.

Anggota Linmas saat bertugas, lanjut Yulius, juga mengenakan Alat Pelindung Diri (APD). Untuk itu dirinya meminta kepada PPS di desa untuk memastikan dan mengecek APD tersebut.

Selain soal kelancaran, anggota Satlinmas diminta untuk memastikan saat 9 Desember mendatang protokol kesehatan diterapkan dengan baik. Maka pemilih saat akan memasuki TPS harus mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, mengenakan masker dan jaga jarak. Saat keluar TPS juga mencuci kembali tangan menggunakan sabun.

Dari simulasi yang telah digelar KPU, tinta pemilu tidak luntur saat dicuci usai pemilih diberi tanda tinta. Artinya, dia sudah menggunakan hak suaranya.

“Terkait dengan ketentraman dan ketertiban, kami juga melakukan koordinasi dengan Kasipem di semua desa guna memastikan Pilkada bisa berjalan aman dan damai,” tambah  Yulius.

Selain di TPS,  guna mendukung pengamanan dan ketertiban, anggota Linmas akan ditempatkan 5 orang di setiap desa dan 10 orang di setiap kecamatan. “Kita berharap semua bisa berjalan lancar, aman dan tertib,” katanya. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini