Kamis, 27 Jan 2022,


mahasiswa-uaa-kembangkan-ketahanan-pangan-di-kembanggedeMahasiswa Prodi PAI UAA menggelar program ketahanan pangan bagi warga Padukuhan Kembanggede, Guwosari. Pajangan Bantul. (istimewa)


Yvesta Putu Ayu Palupi
Mahasiswa UAA Kembangkan Ketahanan Pangan di Kembanggede

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Mahasiswa Program Studi (prodi) Pendidikan Agama Islam Universitas Alma Ata (PAI UAA) menggelar program ketahanan pangan bagi warga Padukuhan Kembanggede, Guwosari, Pajangan, Bantul. Kegiatan ini merupakan bagian dari program KKN Tematik kelompok 5 selama 2 bulan.

Pengembangan program ketahanan pangan di antaranya melalui penanaman sawi dan apotik hidup berupa sereh, temulawak dan jahe merah. Mahasiswa berkolaborasi dengan pemuda, mengajak untuk membantu dan mengaktifkan kembali lahan yang sudah dua tahun tidak ditanami tanaman pasar hidup.

"Program ini sebagai salah satu upaya dalam menjaga ketahanan pangan di Dusun Kembanggede," ujar Ahmad Salim M.Pd, Kaprodi PAI UAA, kemarin.

Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada 30 September 2021 dengan pembelian bibit sawi unggul. Selain itu pada 12 Oktober 2021 dilaksanakan penyiapan lahan penanaman sawi.

Kerja bakti untuk menyiapkan lahan ini juga dilakukan setiap Selasa dan Kamis pukul 15.00. Mereka melakukan penggemburan tanah sampai melakukan pengairan.

"Penanaman bibit sawi pada 17 oktober 2021 bersama dengan ibu-ibu PKK dan pemuda. Dan penyiraman rutin yang dilakukan oleh mahasiswa disetiap pagi dan sore," jelasnya.

Setelah menginjak usia 20 hari, mahasiswa melakukan panen sawi. Panen diolah menjadi makanan berupa sup serta dibagikan kepada anak-anak yang terdaftar di Posyandu sebagai tambahan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) di Dusun Kembanggede. Mahasiswa juga membantu membuat apotik hidup.

Dengan adanya program kegiatan penanaman sawi dan apotik hidup ini, diharapkan masyarakat termotivasi untuk tetap menjaga ketahanan pangan di dusun mereka. Program ini juga menjadi salah satu meningkatkan dan mengaktifkan kembali lahan yang sudah dua tahun tidak diatanami tanaman pasar hidup di Padukuhan Kembanggede, Guwosari, Pajangan, Bantul, DIY. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini