lagi-15-orang-terkonfimasi-covid--19-tanpa-gejala-klinisilustrasi COVID-19 (istimewa)


Nanang WH

Lagi, 15 Orang Terkonfimasi Covid - 19 Tanpa Gejala Klinis


KORANBERNAS.ID.KEBUMEN—Jumlah kasus  terkonfirmasi Covid -19 di Kabupaten Kebumen bertambah 17 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 15 orang  menjalani isolasi di rumah mereka di Kebumen, karena tidak ada gejala kilinis Covid -19 (asimtomatik ) dan satu orang  sudah pulang di Jakarta.

Satu pasien merupakan guru yang berasal dari Purworejo. Pasien ini mengajar di Kecamatan Mirit, Kebumen. Dengan tambahan 17 kasus baru maka jumlah kasus terkonfirmasi Covid -19 di Kebumen hingga Jumat (14/8/202) menjadi 130 orang.


Baca Lainnya :

Informasi yang dihimpun koranbernas.id dari Koordinator Bidang Humas  Gugus Tugas Percepatan Penanganan  (PP) Covid -19 Kebumen, Cokro Aminoto, SIP.MKes dan laman corona.kebumenkab.go.id, Jumat (14/8/2020)  sore menyebutkan, ke-15 orang terkonfirmasi terdiri dari warga Kecamatan Puring 5 orang, Buluspersantren 3 orang, warga  Kebumen dan Prembun masing masing 2 orang. Warga  Kecamatan  Klirong, Sruweng dan Kutowinangun masing masing satu orang.

“Kasus  baru hasil  penelusuran  kasus terkonfirmsi sebelumnya, “  kata Cokro Aminoto. 


Baca Lainnya :

Mereka  pernah kontak dengan  terkonfirmasi Covid -19.  Kasus sebelumnya berasal dari klaster tenaga  kesehatan dan tenaga pendidikan  Dari penulurusan kedua klaster itu,  mereka  yang kontak erat langsung dilakukan swab.
Namun berdasarkan ketentuan baru Kementerian Kesehatan,  orang terkonfirmasi Covid -19 tanpa gejala klinis, bisa dirawat di rumah penderita dengan isolasi. 

Mereka tetap berstatus sebagai  pasien Covid -19 namun  dalam pemantauan tenaga kesehatan terdekat.   Hanya orang terkonfirmasi dengan gejala klinis Covid - 19, seperti batuk, sesak nafas, demam lebih dari 38 derajat, yang dirawat di rumah sakit rujukan  lini II atau rumah sakit rujukan Lini III yang pertama kali merawat.

Gugus Tugas PP Covid -19 Kebumen, menurut Cokro Aminoto, agar  masyarakat melaksanakan  protokol kesehatan.  Menjaga jarak paling  dekat satu meter, selalu mengenakan masker jika  keluar rumah ditempat umum, serta sering cuci tangan dengan sabun. (yve)



BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini