Kebumen Punya Mall Pelayanan Publik, dari Akad Nikah Hingga Izin Mendirikan Bangunan

Kebumen Punya Mall Pelayanan Publik, dari Akad Nikah Hingga Izin Mendirikan Bangunan

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN – Mall Pelayanan Publik (MPP) Kebumen yang dibangun Pemkab Kebumen, Jumat (20/12/2019) diresmikan. Mall Pelayanan Publik ke-21 di Indonesia dan ke-2 di Jawa Tengah ini tidak hanya melayani perizinan, tetapi juga tempat pelayanan non-izin, mulai pelayanan akad nikah, hingga izin mendirikan Bangunan (IMB).

Mall Pelayanan Publik yang menempati Gedung Juang 45, gedung pertemuan di Jalan Arungbinang, Kota Kebumen ini melayani 251 jenis pelayanan. Selain pelayanan akad nikah, juga melayani sejumlah izin yang menjadi kewenangan Pemkab Kebumen. Sejumlah instansi vertikal memanfaatkan MPP Kebumen untuk pelayanan di luar kantor.

Usai meresmikan MPP Kebumen, Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz menjadi saksi pernikahan akad nikah di salah satu ruangan MPP Kebumen. Selesai akad nikah, kedua mempelai selain mendapatkan 2 buku nikah, juga mendapatkan e-KTP dan Kartu Keluarga. Perubahan status dari Belum Kawin menjadi Kawin bisa diperoleh dengan 2 dokumen kependudukan itu.

Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), RB Diah Natalisa, kepada wartawan menghargai komitmen Bupati Kebumen KH Yazid Mahfud yang disampaikan kepada Menteri PAN-RB pada Maret 2019. Komitmen memberi pelayanan mudah, cepat, dan terintegrasi diwujudkan dengan dibangunnya MPP Kebumen. “Di Indonesia, MPP Kebumen adalah MPP ke-21 sejak MPP ada mulai tahun 2017,“ kata RB Diah Natalisa.

Keberadaan MPP Kebumen diharapkan memberikan kemudahan pelayanan publik. Pelayanam one service area dan terintegrasi, serta responsif memudahkan masyarakat yang membutuhkan pelayanan cepat terintegrasi. Misalnya pelayanan untuk calon tenaga kerja Indonesia. Ada stand pelayanan yang sudah terintegrasi dengan Imigrasi. Begitu juga pelayanan pernikahan, terintegrasi antara Kementeriaan Agama dan Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kebumen.

Di masa mendatang diharapkan pelayanan di MPP Kebumen menjadi semakin baik. Pelayanan responsif dan terintegrasi agar lebih disempurnakan, sehingga masyarakat yang menggunakan MPP Kebumen untuk 251 jenis pelayanan, merasa puas.

“Mall Pelayanan Publik Kebumen, menggunakan slogan Saenggon Sakabehe,“ kata Yazid Mahfudz.

Dengan slogan itu, di MPP Kebumen segala jenis pelayanan bisa dilayani di satu tempat. Pihaknya akan terus menyempurnakan kualitas dan kuantitas pelayanan. Ke depan, pelayanan akan semakin baik, tidak semakin buruk. Sejak diresmikan sudah ada 32 loket/konter pelayanan, dengan 251 jenis pelayanan. (eru)