Sabtu, 27 Nov 2021,


insurtech-sunday-kembangkan-platform-onlinePunggawa-punggawa Sunday, pemain InsurTech full-stack (istimewa)


Yvesta Putu Ayu Palupi
InsurTech Sunday Kembangkan Platform Online

SHARE

KORANBERNAS.ID,YOGYAKARTA -- Sunday, pemain InsurTech full-stack di Asia Tenggara berhasil memperoleh pendanaan Seri B yang dipimpin oleh Tencent bersama dengan dukungan kuat sejumlah investor baru maupun yang telah bergabung saat ini. Di antaranya SCB 10X, Vertex Growth dan Vertex Ventures Southeast Asia & India, Quona Capital, Aflac Ventures dan Z Venture Capital.


Investor telah menunjukkan minat yang luar biasa menanamkan modal bersama dengan KSK Ventures, dan putaran tersebut mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed).

  • Kenali Asuransi yang Sehat, Bukan Bodong

  • Modal yang terkumpul akan digunakan untuk memperluas rangkaian produk ritel Sunday yang terdiri dari asuransi kesehatan, perlindungan untuk elektronik dan asuransi kendaraan bermotor melalui platform online untuk anggota asuransi kesehatan, klien, mitra korporasi dan UMKM.

    “Kesadaran akan asuransi kesehatan akan terus meningkat dan kami yakin akan semakin banyak konsumen yang terbuka untuk berbelanja asuransi secara online,” papar Cindy Kua, CEO dan salah satu pendiri Sunday dalam keterangan persnya kepada koranbernas.id, Sabtu (4/9/2021).


    Menurut Cindy, mereka berencana memperluas arsitektur platform untuk  penawaran asuransi ritel kepada anggota dan mitra kesehatan. Selain itu terus mengembangkan portofolio di Thailand dan Indonesia.

    Sunday selama ini merupakan InsurTech terintegrasi yang menggunakan Artificial Intelligence dan platform digital untuk menawarkan produk dan layanan asuransi yang sesuai dengan semua jenis risiko individu dan bisnis. Bertujuan untuk merubah rantai nilai asuransi, Sunday menawarkan solusi menyeluruh melalui mitra dan saluran distribusi eksklusifnya.

    :Kami merasa terhormat memiliki Tencent untuk membantu kami mencapai rencana kami sebagai pemain berbasis data dan teknologi di Asia,” paparnya.

    Cindy mengungkapkan, SCB 10X sangat antusias untuk terus menjadi bagian dari perjalanan Sunday di Thailand dan Asia Tenggara. Dengan mengendalikan rantai nilai asuransi dari ujung ke ujung, mulai dari proses pengajuan hingga jalur distribusi, membuat Sunday berada pada posisi yang unik dan berbeda dari perusahaan InsurTech lainnya.

    Mukaya (Tai) Panich selaku Chief Venture and Investment Officer di SCB 10X mengungkapkan, mereka percaya pada arahan Sunday dalam hal inovasi digital yang menggunakan data, AI dan machine learning untuk memberikan layanan asuransi yang personal dan terjangkau kepada konsumen.

    “Mereka  berharap dapat terus bekerja sama dengan tim Sunday untuk mendorong industri asuransi ke arah inovasi digital berikutnya,” ungkapnya.

    Didirikan di Bangkok pada Agustus 2017, Sunday mengadopsi Artificial Intelligence/Machine Learning untuk menghitung produk kesehatan kumpulan sambil menerapkan platform administrasi SDM untuk klien korporatnya dan superapp bagi anggotanya untuk mengakses perawatan kesehatan tanpa uang tunai dan mengelola pertanggungan secara mandiri.

    Suradej Panich, Sunday Chief Data Scientist menjelaskan, Sunday mengadopsi data model yang lebih dinamis untuk mengotomatisasi penetapan harga, meningkatkan skala perhitungan asuransi untuk risiko yang kompleks.

    Mesin AI mereka siap untuk memecahkan inefisiensi saat ini dari seluruh rantai nilai asuransi mulai dari pengembangan produk terkini, penyelesaian klaim yang kompleks secara lebih cepat hingga pendekatan pencegahan dengan chatbot AI untuk deteksi penyakit gejala dini.

    “Dengan fondasi analitik yang kuat, kami telah siap untuk meningkatkan kemampuan kami dalam merespons risiko dan harapan pelanggan,” katanya.

    Sunday telah bertumbuh dua kali sebesar 100 persen selama tahun 2020, dan saat ini melayani 1,6 juta pelanggan dengan lebih dari 90.000 anggota asuransi kesehatan dari sektor perbankan, manufaktur, retail, dan jasa.

    Selain itu, Sunday juga telah mendistribusikan asuransi smartphone berbasis langganan melalui mitranya. Untuk pasar Indonesia, Sunday telah merencanakan pertumbuhan pasar baru untuk memperluas produk dan platformnya ke agen asuransi, UMKM, dan mitra bisnis. (*)



    SHARE



    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini