Selasa, 15 Jun 2021,


destinasi-wisata-ditutup-hingga-hari-plus-3-lebaran-pelaku-wisata-keberatanBupati Kebumen H Arif Sugiyanto menerima pelaku wisata yang tergabung dalam kelompok sadar wisata Kebumen. (nanang w hartono/koranbernas.id)


Nanang W Hartono
Destinasi Wisata Ditutup Hingga Hari Plus 3 Lebaran, Pelaku Wisata Keberatan

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN--Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kebumen dan Pemkab Kebumen, memutuskan untuk menutup semua destinasi wisata pada hari H hingga H + 3 Lebaran. Saat sudah dibuka pun, jumlah pengunjung yang diizinkan paling banyak 25 persen dari kapasitas normal. Kebijakan ini, dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk mencegah penularan Covid-19, khususnya di obyek wisata.


Hal itu dikatakan Bupati Kebumen yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kebumen H Arif Sugiyanto SH, kepada pelaku wisata yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kebumen, Jumat (7/5/2021).


Kepada pelaku wisata, Arif Sugiyanto meminta agar memahami kebijakan ini. Dia menegaskan, kebijakan ini dilakukan untuk keselamatan masyarakat. Namun demikian, kepentingan ekonomi pelaku wisata juga diperhatikan.

“Insha Allah setelah H + 3 rezeki tidak akan hilang,”kata Arif Sugiyanto.


Penutupan juga berlaku untuk destinasi yang dikelola Pemkab Kebumen. Kepada pelaku wisata, diharapkan menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta tidak ada kerumunan pengunjung. Satgas akan menutup destinasi wisata, jika ditemukan ada klaster baru.


Terkait kebijakan ini, belasan pelaku wisata, diantaranya pengelola destinasi wisata dan pedagang souvenir, mengungkapkan keberatan dengan penutupan destinasi wisata selama tiga hari.


Tunisman, pengelola destinasi wisata Pantai Menganti mengungkapkan, selama pandemi Covid-19, pendapatan pelaku wisata berkurang. Jumlah pelaku wisata yang dilibatkan ratusan orang. Dia mengkhawatirkan terjadi gejolak akibat kebijakan penutupan tiga hari. (*)

 

 



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini