dengan-sego-wiwit-berharap-pandemi-covid19-segera-berlaluMakan bersama dengan menu Sego Wiwit di Posko Covid-19 RW 06 Dusun Karang, Desa Plawikan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Senin (29/6/2020) malam. (heru cn/koranbernas.id)


heru

Dengan Sego Wiwit, Berharap Pandemi Covid-19 Segera Berlalu


SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN – Apa jadinya jika acara tradisi Wiwit yang biasa dilakukan di hamparan persawahan itu justru digelar di pos ronda malam? Itulah yang terjadi di Posko Covid-19 RW 06 Dusun Karang, Desa Plawikan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Senin (29/6/2020) malam.

Dalam khasanah budaya masyarakat agraris, khususnya di Jawa, upacara Wiwit biasanya dilakukan di hamparan persawahan menjelang panen padi. Upacara Wiwit dimaksudkan sebagai ungkapan syukur karena bumi telah memberikan kesejahteraan berupa panen padi.


Baca Lainnya :

Mengambil filosofi tersebut, maka warga RW 06 Dusun Karang kemudian menggelar “upacara” Wiwit di Posko Covid-19. Tentu saja, acara ini menghadirkan menu khas tradisi Wiwit berupa Sego Wiwit (nasi Wiwit). Menu Sego Wiwit ini meliputi nasi putih, sayur trancam, bubuk kedele dengan gereh pethek bakar dan suwiran ingkung ayam.

Namun, jika dalam tradisi aslinya acara Wiwit ini dimaksudkan sebagai ungkapan syukur atas dimulainya panen padi, kali ini maknanya sedikit “digeser”. Warga Dusun Karang, khususnya yang setiap hari bergiliran jaga di Posko Covid-19, mengucap syukur karena hingga saat ini tidak ada yang terkena wabah dan sekaligus berharap wabah virus Corona ini segera berlalu.


Baca Lainnya :

“Malam ini kami mendapat giliran tugas jaga. Melalui acara malam ini, kami memohon kepada Tuhan suyapa virus Corona ini enggal (segera, red) sirna dari muka bumi Indonesia ini,” kata Suharto Kenthut, koordinator Gugus Tugas Covid-19 RW 06 Dusun Karang.

Harapan warga Dusun Karang itu tentu bukan mengada-ada. Sudah tiga bulan terakhir ini mereka secara bergilir harus menjaga kampungnya dari kemungkinan penularan virus Corona. Tiga bulan hidup dalam kecemasan akibat pandemi Covid-19 tentu sangat melelahkan. Maka wajar saja jika kini mereka berharap segera bisa menikmati kehidupan normal kembali seperti sebelum ada wabah Covid-19.

Harapan itulah yang kemduian terucap dari mulut Winarso, salah seorang warga yang malam itu juga mendapat giliran jaga di Posko Covid-19 RW 06 Dusun Karang. “Mengapa malam ini kami makan Sego Wiwit, karena acara Wiwit itu lambang syukur atas jerih payah yang akan dinikmati. Saat ini warga RW Karang bersyukur karena semuanya sehat dan tidak ada yang tertular Covid-19. Semoga Covid-19 segera hilang dari bumi ini,” katanya.

Harapan warga RW 06 Dusun Karang, Desa Plawikan tersebut tentunya juga menjadi harapan seluruh rakyat Indonesia agar wabah Covid-19 ini segera berlalu. (eru)


Video Terkait:



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini