brimob-siap-antisipasi-bencana-alamApel gelar pasukan Aman Nusa II di Mako Satbrimob Polda DIY Baciro Yogyakarta, Selasa (07/01/2020). (istimewa)


sri-wijaya

Brimob Siap Antisipasi Bencana Alam

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) DIY Brigjen Pol Karyoto memimpin apel gelar pasukan Operasi Aman Nusa II (kesiapsiagapan penanggulangan bencana) di Mako Satbrimob Polda DIY Baciro Yogyakarta, Selasa (7/1/2020).

Apel diikuti 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) TNI, 1 SSK Brimob Polda DIY,1 SSK Ditsamapta Polda DIY,1 SSK gabungan Airud dan Ditlantas Polda DIY serta  1 SSK gabungan unsur BPBD DIY, BMKG dan Potensi SAR DIY.


Baca Lainnya :

Digelar pula peralatan  1 Unit Mobil Dapur Lapangan Brimob, 2 Unit mobil SAR Tata Brimob, 4 Unit Ambulans gabungan TNI, Polri, BPBD dan PMI,  5 kendaraan taktis (Rantis) SAR BPBD DIY, 1 Rantis SAR Denpal TNI serta 1 Rantis SAR Ditsamapta Polda DIY.

Selain melakukan pengecekan pasukan, Wakapolda juga melihat peralatan. "Gelar pasukan Ops Aman Nusa II ini bertujuan untuk melakukan pengecekan personel dan perlengkapan serta peralatan SAR yang siap beroperasi apabila terjadi bencana alam di wilayah DIY," kata Wakapolda.


Baca Lainnya :

Meski tidak ada yang menghendaki terjadinya bencana, namun kesiapsiagaan perlu dilakukan guna menghindari kerugian maupun jatuhnya korban akibat bencana.

Apel kali ini selain sebagai kesiapan juga menjadi sarana konsolidasi dan koordinasi dengan instansi terkait agar dapat melaksanakan tugas dengan tepat, efisien dan hasilnya maksimal.

"Penanganan bencana tidak bisa dilakukan hanya satu pihak, namun semua stakeholder terkait dan juga keterlibatan aktif masyarakat. Termasuk bagaimana menciptakan masyarakat yang tangguh bencana," katanya. (sol)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini