BKR Satgas Covid-19 Meluncurkan Layanan Khusus, Bantu Warga Mengakses Kamar RS

BKR Satgas Covid-19 Meluncurkan Layanan Khusus, Bantu Warga Mengakses Kamar RS

KORANBERNAS.ID, JAKARTA--Bidang Koordinasi Relawan (BKR) Satgas Covid-19, resmi meluncurkan Layanan Jalur Bantuan Informasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan dan masyarakat umum di Wilayah DKI Jakarta dan Bandung Raya. Peresmian dilakukan oleh Sekretaris Utama Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Lilik Kurniawan didampingi oleh Ketua BKR Satgas Covid-19 Andre Rahadian, Plt. Direktur Kesiapsiagaan BNPB Pangarso Suryotomo dan seluruh Kepala Subbidang BKR Satgas Covid-19 secara daring melalui aplikasi zoom (24/7/2021).

Acara peresmian ini, diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan Layanan Jalur Bantuan Informasi Covid-19 yang bisa diakses melalui nomor hotline Whatsapp 0821-2390-3617. Petugas akan merespon dan menindaklanjuti kebutuhan masyarakat sebagai pengguna terkait informasi Covid-19.

Andre Rahadian menyampaikan, Layanan Jalur Bantuan Informasi Covid-19 ini diinisiasi oleh BKR Satgas Covid-19 atas beberapa keluhan masyarakat mengenai minimnya informasi mengenai lokasi rumah sakit atau puskesmas yang masih memiliki kamar perawatan kosong. Hal ini berdampak pada terhambatnya penanganan oleh tenaga kesehatan, karena jumlah pasien yang masuk di salah satu fasilitas kesehatan menumpuk, padahal di fasilitas kesehatan lainnya masih tersedia.

“Sebagai langkah awal, Layanan Jalur Bantuan Informasi Covid-19 ini beroperasi di Wilayah DKI Jakarta dan Bandung Raya. Namun, semoga ke depannya layanan ini dapat berkembang untuk melayani masyarakat Indonesia di wilayah lain yang lebih luas,” kata Andre.

Layanan Jalur Bantuan Informasi Covid-19, adalah sebuah sistem interaktif yang akan memberikan respon bagi pengguna hotline sesuai dengan kebutuhan dan keluhan penggunanya. Berbagai layanan yang disediakan di antaranya adalah informasi mengenai cara menangani pasien Covid-19, informasi teknis mengenai isolasi mandiri, bantuan rujukan ruang perawatan rumah sakit dan HCU/ICU. Kemudian bantuan transportasi ambulans, layanan bantuan psikologi, dan informasi kebutuhan lain yang sifatnya personal.

“Layanan ini adalah upaya BKR Satgas Covid-19 yang bertindak sebagai alternatif nomor hotline agar mampu memaksimalkan naiknya frekuensi kebutuhan respon informasi di tengah masyarakat. Selain itu, kami juga bertindak sebagai filter kontak untuk membantu meringankan beban puskesmas dan rumah sakit di sekitar Wilayah DKI Jakarta dan Bandung Raya. Jadi ini bukanlah nomor hotline saingan atau pengganti nomor hotline nasional utama, yaitu 112 dan 119 yang memiliki jangkauan secara nasional,” tegas Kepala Sub-Bidang Organisasi Relawan Kesehatan BKR Satgas Covid-19 dr. Jossep Frederick William.

Dikatakan, semua pihak tidak bisa menutup mata melihat tren angka kematian akibat virus Covid-19 yang begitu tinggi. Kolaborasi tindakan secara tanggap, adalah senjata penting dalam memerangi pandemi ini. Kehadiran layanan ini merupakan salah bentuk senjata yang direalisasikan oleh BKR Satgas Covid-19. “Selain itu, kita juga harus membuat masyarakat memiliki imunitas yang tinggi. Hal ini tidak hanya bisa diwujudkan dengan makanan yang bergizi, tetapi juga didukung dari pikiran yang tenang serta jauh dari rasa panik. Layanan ini menyediakan informasi yang dapat dijadikan pedoman selama pandemi Covid-19,” pungkas Lilik Kurniawan. (*)