Batasi Interaksi Sosial, Perkuat Layanan Digital Banking

Batasi Interaksi Sosial, Perkuat Layanan Digital Banking

KORANBERNAS.ID, JAKARTA—Saat liburan panjang akhir tahun, bisa dipastikan kebutuhan masyarakat terhadap layanan perbankan juga akan meningkat. Untuk meminimalisir risiko penyebaran Covid-19, CIMB Niaga memperkuat layanan digital banking. Termasuk untuk pembayaran secara nirsentuh di berbagai merchant melalui Scan QRIS OCTO Mobile.

Dalam rilisnya, Direktur Consumer Banking CIMB Niaga, Lani Darmawan mengatakan, layanan perbankan kepada nasabah pada cuti bersama 31 Desember 2020 dan libur Tahun Baru 1 Januari 2021, mengandalkan pada fasilitas digital banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, ATM Gallery, serta Digital Lounge yang tersedia di sejumlah pusat perbelanjaan dan kawasan residensial. Adapun bagi nasabah korporasi, CIMB Niaga menyediakan layanan perbankan melalui internet banking BizChannel@CIMB dan mobile banking BizChannel@CIMB Mobile.

“Kami terus mendorong penggunaan fasilitas digital banking, karena dapat menjadi solusi bagi nasabah untuk bertransaksi finansial secara sehat dan aman,” kata Lani, Senin (28/12/2020) lalu.

Dia mengatakan, korporasi telah melakukan berbagai langkah guna memastikan semua layanan digital siap menghadapi puncak liburan akhir tahun dan hingga tahun baru. Bagi nasabah yang membutuhkan uang tunai atau ingin melakukan setoran uang tunai selama periode akhir tahun, CIMB Niaga memastikan ketersediaan dan kesiapannya di mesin ATM, CDM, dan CRM yang tersebar di berbagai tempat publik.

Dia berharap, upaya ini dapat memberikan kenyamanan dan lebih menjamin keamanan transaksi perbankan yang dilakukan nasabah. Karena dengan memperkuat layanan digital banking, akan mengurangi mobilitas nasabah dan menghindari perjalanan ke luar rumah yang meningkatkan risiko interaksi sosial.

“Agar momen kebersamaan di akhir tahun dapat dinikmati dengan sehat, aman, dan nyaman, kami mengimbau kepada nasabah untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan. Yakni menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Kalaupun perlu bepergian, maka pastikan selalu mengenakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun,” lanjutnya.

Lani menjelaskan, untuk memaksimalkan layanan kepada nasabah pada hari kerja di akhir tahun (28-30 Desember 2020), CIMB Niaga menyesuaikan jam layanan di kantor cabang, terutama terkait RTGS, SKNBI, dan setoran pajak. Pada Senin-Selasa, 28-29 Desember 2020, layanan kantor cabang beroperasi normal dengan cut of time RTGS dan SKNBI diperpanjang satu jam sampai pukul 15.00 WIB. Sedangkan Rabu, 30 Desember 2020, cut of time RTGS dan SKNBI di kantor cabang tersedia hingga pukul 16.00 WIB dan setoran pajak sampai minimal pukul 17.00 waktu setempat.

Sejalan dengan kebijakan pemerintah terkait cuti bersama pada Kamis, 31 Desember 2020 dan libur Tahun Baru, Jumat, 1 Januari 2021, seluruh kantor cabang CIMB Niaga tidak beroperasi. Demikian juga pada Sabtu dan Minggu, 2-3 Januari 2021.

“Pada periode tersebut, nasabah dapat mengakses 29 Digital Lounge CIMB Niaga yang tersebar di Jakarta, Bogor, Solo, Semarang, Palembang, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Medan,” lanjutnya. (*)