Rabu, 27 Okt 2021,


bantul-juara-umum-kejurda-gateball-diy-2021Ketum Persatuan Gateball Indonesia (Pergatsi) DIY, Gatot Saptadi, menyerahkan piala juara umum kepada kontingen Bantul. (anung marganto/koranbernas.id)


Anung Marganto
Bantul Juara Umum Kejurda Gateball DIY 2021

SHARE

KORANBERNAS.ID, KULONPROGO -- Kabupaten Bantul menunjukkan prestasinya dengan sukses menjadi juara umum Kejurda Gateball tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta yang berlangsung di Klampok, Kapanewon Galur, Kabupaten Kulonprogo, Minggu (26/9/2021).


Tujuh nomor pertandingan disapu bersih oleh kontingen Kabupaten Bantul sekaligus menduduki juara pertama. Yaitu untuk nomor single putra, ganda putri, ganda campuran, triple putra, triple putri, beregu putri dan beregu campuran.


Di urutan kedua Kota Yogyakarta yang meraih empat medali emas  yaitu nomor single putri, ganda putra, triple campuran, beregu putra. Kemudian di urutan ketiga Sleman dengan enam perak satu perunggu, disusul Kulonprogo dengan empat perak tiga perunggu dan Gunungkidul satu perak satu perunggu.

Pelatih Gateball Kabupaten Bantul, Setyo Mawarto, bersyukur atletnya mampu menyisihkan peserta lain pada Kejurda tersebut sehingga menjadi juara umum. “Kita bangga sebagai atlet Kabupaten Bantul mampu menjadi juara di tujuh kelas,” tuturnya.


Setyo mengungkapkan, hasil tersebut tidak terlepas dari pembinaan rutin serta latihan yang mengedepankan kedisiplinan. Gateball adalah permainan yang mengedepankan stabilitas mental dan konsistensi.

“Yang kita tekankan dalam Gateball adalah faktor mental dan strategi yang jitu dalam menghadapi setiap lawan. Tentunya strategi akan berbeda jika lawannya beda,” katanya.

Setyo menambahkan, raihan prestasi di Kejurda 2021 ini melebihi target yang diusung oleh Kabupaten Bantul. Ia optimistis akan mempertahankan gelar juara ini, baik untuk Kejurda maupun PORDA 2022 di Selman mendatang.

“Target kita ke depan dalam waktu dekat untuk turun ke PORDA 2022 sebagai juara umum. Jika yang dipertadingkan 11 nomor, target kita sesuai Kejurda ini. Namun kalau hanya 5 nomor, kita targetkan 3 medali emas,” katanya.

Ketua Pengda Persatuan Gateball Indonesia (Pergatsi) DIY, Gatot Saptadi, mengungkapkan event yang berlangsung saat ini adalah Kejurda DIY III. “Kejurda ini diikuti oleh lima kabupaten dan kota di DIY. Karena ini sudah menjadi olahraga prestasi, jadi kami memiliki tugas untuk memajukan olahraga ini agar bisa merata di seluruh Kabupaten dan Kota di DIY,” katanya.

Terkait untuk kepelatihan tingkat nasional, Gateball belum punya standar baku. Namun ada tiga pelatih yang sudah diikutkan di tingkat nasional yaitu Setyo Mawarto, Edy Suroso dan Surayati. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini