Senin, 25 Jan 2021,


banjir-dan-longsor-terjadi-di-sejumlah-desaWarga Desa Ngaran Kecamatan Kaligesing membersihkan longsoran yang menutup jalan. (istimewa)


Wahyu Nur Asmani EW

Banjir dan Longsor Terjadi di Sejumlah Desa


SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Hujan deras disertai angin kencang di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah, Senin (11/1/2021) sore hingga malam hari, menyebabkan bencana alam banjir dan tanah longsor di sejumlah desa.

Pada beberapa titik di wilayah Kecamatan Kaligesing terjadi tanah longsor yang sempat menutup bahu jalan sehingga mengakibatkan akses beberapa jalur tersendat.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo, Sutrisno, kepada koranbernas.id, Selasa (12/1)2021) mengatakan, longsor di Kecamatan Kaligesing mengakibatkan beberapa jalur alternatif provinsi maupun kabupaten tertutup.

BPBD bersama relawan, masyarakat, TNI dan Polri langsung melaksanakan kerja bakti membersihkan material longsoran. Saat ini jalur tersebut bisa dilalui kembali.


“Kami mengharapkan  warga selalu waspada, jika terjadi hujan lebat warga yang berada di titik-titik rawan bencana agar berinisiatif mencari titik aman,” pesan Sutrisno.

Salah satu jalan kabupaten di RW 02 Desa Ngaran Kecamatan Kaligesing yang longsor dan menyebabkan jalan Jalur Desa Ngaran-Tlogorejo Kaligesing tertutup,  kini sudah dinormalisasi dengan cara kerja bakti warga sekitar.

Ketua RT setempat, Masruchan, mengungkapkan longsor yang berasal dari atas sungai menyebabkan jembatan tersumbat sehingga menutup jalan. “Warga kerja bakti membuka akses jalan guna menyingkirkan material longsoran,” ujarnya.

Selain di Kecamatan Kaligesing, bencana alam akibat hujan deras disertai angin kencang terjadi di akses jalan di ruas jalan Purworejo-Wonosobo Km 9. Di Desa Wonotopo Kecamatan Gebang terjadi pohon tumbang  menutup akses jalan tersebut pada Senin (11/1/2021) malam.

Tanah longsor disertai pohon tumbang juga menutup akses ruas jalan Purworejo-Wonosobo tepatnya di dekat SD Redin Gebang.

Sedangkan banjir terjadi di wilayah Desa Bapangsari Kecamatan Bagelen dan Desa Jenar Wetan serta Ketangi keduanya di Kecamatan Purwodadi dengan jumlah pengungsi sementara 91 jiwa.

Di Kecamatan Bagelen tanah longsor terjadi di Dusun Tepus RT 02/05 Desa Somorejo dan di Dusun Kaliagung Desa Sokoagung.

Bencana alam lainnya terjadi di Kecamatan Bener berupa tanah longsor di Dusun Sijugar RT 02/04 Desa Bleber.

Di Dusun Sicengel RT 01/04 Desa Pekacangan Kecamatan Bener terjadi tanah longsor tepatnya di Dusun Jatikobar Desa Bener dan di Dusun Siringan RT 02/07 Desa Jati. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini