Kamis, 04 Mar 2021,

babinsa-dan-bhabinkamtibmas-mempunyai-tugas-besar-di-desaSatya Sugianto, Serda Indarto dan Aiptu Jono Saputro SH di sela-sela penyaluran BST Kemensos di GOR Kalimosodo Desa Senden Kecamatan Ngawen, Jumat (19/2/2021) pagi. (Masal Gurusinga/koranbernas.id)


Masal Gurusinga
Babinsa dan Bhabinkamtibmas Mempunyai Tugas Besar di Desa

SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN--Keberadaan bhabinkamtibmas dan babinsa di desa dan kelurahan, memiliki peran yang sangat strategis. Selain bertugas di kesatuan masing-masing, mereka juga memiliki tangggung jawab besar menjaga kondusifitas wilayah. Sampai-sampai mereka rela meninggalkan keluarga demi menjalankan tugas negara.

Melihat begitu strategisnya keberadaan dua personel tersebut, tidaklah mengherankan jika perangkat desa, lembaga desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga banyak yang akrab dengannya. Itu terjadi karena babinsa dari TNI dan bhabinkamtibmas dari Polri selalu terlibat dalam semua kegiatan.


Seperti dialami Serda Indarto (babinsa) dan Aiptu Jono Saputro, SH (bhabinkamtibmas) Desa Senden, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten.

Pada saat pandemi Covid-19 yang sudah berjalan hampir satu tahun, mereka benar-benar bertugas ekstra keras. Di satu sisi bertugas sebagai satgas penanganan Covid-19, tetapi di sisi lain ikut mendampingi pemerintah desa dalam kegiatan lain.


Seperti pelaksanaan operasi yustisi, penyemprotan disinfektan, penyaluran bantuan sosial, menjaga posko PPKM mikro dan lain sebagainya. Dan yang tak kalah pentingnya menjalankan tugas kemanusiaan bilamana ada bencana alam.

“Di luar jam dinas kami ikut kegiatan pendampingan di wilayah,” kata Serda Indarto yang juga bertugas serupa di Desa Manjung Kecamatan Ngawen.

Kepada koranbernas.id di sela-sela penyaluran bantuan sosial tunai (BST) Kemensos di GOR Kalimosodo Desa Senden, Jumat (19/2/2021) pagi, Indarto merasa bersyukur karena kesadaran warga mematuhi protokol kesehatan (prokes) khususnya memakai masker saat beraktivitas di luar rumah sudah tinggi. Selain itu kondisi wilayah Desa Senden dan Manjung yang jarang sekali terjadi bencana alam.

“Kalau bencana ya ada. Tapi cuma pohon tumbang,” ujarnya.

Senada dikemukakan Aiptu Jono Saputro, SH. Selama 6 bulan bertugas di Desa Senden dirinya menjalani semua dengan ikhlas.

“Jalani saja dengan ikhlas. Yang namanya tugas pasti punya tangggung jawab. Bekerjasama dengan kepala desa, babinsa melayani masyarakat,” kata Jono.

Pria asli Blora Jawa Tengah ini menambahkan, meski bertugas sebagai bhabinkantibmas, dirinya juga tidak jarang bertugas di polsek.

Sinergitas Pemerintah Desa Senden, Bhabinkamtibmas dan Babinsa menjalankan tugas di wilayah tampak kental sekali. Setidaknya terlihat pada saat penyaluran BST Kemensos, Jumat (19/2/2021) pagi.

Sebelum penyaluran dimulai, Kepala Desa Senden Satya Sugianto, Serda Indarto, Aiptu Jono Saputro SH dan relawan Covid-19 telah berkumpul di GOR Kalimosodo. Tepat pukul 08:00 WIB penyaluran BST pun dimulai.

Proses penyaluran BST bisa berjalan dengan lancar karena semua pihak bertugas sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi) masing-masing. Sebelum memasuki gedung, warga penerima bantuan wajib memakai masker dan pemeriksaan suhu badan oleh relawan. Sedangkan di dalam gedung telah di sediakan tempat duduk yang jaraknya telah ditentukan. (*)

 

 



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini