Aplikasi Super Bantu Pedagang Kaki Lima Terdampak Corona

Aplikasi Super Bantu Pedagang Kaki Lima Terdampak Corona

KORANBERNAS.ID, SURABAYA -- Pandemi Virus Corona atau Covid-19 memukul segala sendi kehidupan para Pedagang Kaki Lima (PKL). Diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat mereka yang menggantungkan hidupnya dari penghasilan harian merasakan dampak secara nyata. Pendapatannya turun drastis.

Untuk meringankan beban para PKL terdampak Covid-19, Aplikasi Super mengajak masyarakat membantu mereka  melalui www.sembakountuksedulur.com.

Head of Retail and Marketing Aplikasi Super, Aimi, melalui rilis yang diterima koranbernas.id, Senin (18/5/2020), mengatakan lewat situs tersebut masyarakat bisa ikut berdonasi sembako kemudian disalurkan ke PKL dan masyarakat yang membutuhkan di  wilayah  Surabaya dan Sidoarjo Jawa Timur.

Aplikasi Super merupakan aplikasi social commerce yang menjual produk sembako harga terjangkau yang ditujukan untuk toko grosir atau kelontong dan agen.

Aplikasi ini hadir untuk mengefisienkan rantai pasokan kebutuhan pokok, memberi kesetaraan distribusi dan meningkatkan ekonomi masyarakat di kota kedua, ketiga dan pedesaan di Indonesia.

“Kami ingin membantu warga yang terdampak seperti PKL. Kenapa PKL? Karena selama ini segmen ini kurang mendapat perhatian. Padahal mereka juga terdampak akibat pandemi. Penghasilan mereka turun drastis. Bahkan untuk membeli sembako saja mereka kesulitan,” ujar Aimi.

Donatur bisa memilih berdonasi dalam bentuk paket sembako senilai Rp 100.000 maupun uang tunai sesuai kemampuan. Paket sembako yang dibagikan berupa 5 kilogram beras, 1 liter minyak goreng, lima bungkus mi instan dan 10 sachet kopi instan.

Aimi menambahkan donasi yang terkumpul diharapkan bisa mencapai Rp 1 miliar hingga bulan Juli mendatang. Penyaluran sembako dilakukan secara bertahap. Tahap pertama diharapkan dilakukan saat Hari Raya Idul Fitri.

”Targetnya bisa dibagi pas Lebaran untuk menghibur mereka yang tidak bisa mudik. Mari kita merayakan hari kemenangan dengan berbagi,” ajaknya.

Pada April silam, Aplikasi Super menyalurkan 700 paket sembako berupa 3.5 ton beras, 700 liter minyak goreng, 3.500 mi instan dan 70.000 sachet kopi instan kepada para PKL dan masyarakat kecil di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Tiga keuntungan

Aplikasi Super diluncurkan sejak Januari 2019. Terdapat tiga keuntungan yang bisa diperoleh apabila bergabung di aplikasi ini. Pertama, harganya terjangkau sehingga toko kelontong bisa menjual kembali dengan keuntungan lebih besar.

Kedua, mudah untuk kulakan. Pemilik toko kelontong tidak perlu menghubungi banyak sales atau repot pergi ke grosir. “Pemilik toko kelontong bisa berbelanja berbagai barang kebutuhan pokok dan barang cukup melalui satu aplikasi," jelas Aimi.

Ketiga, Kurir Super akan mengirim barang pesanan toko kelontong ke lokasi pengiriman yang ditentukan dalam jangka waktu sehari setelah tanggal pemesanan. Pengiriman juga tidak dikenakan ongkos kirim alias gratis.

Tercatat sudah ada 5.000 agen dan toko kelontong yang terdaftar dan 250 toko yang tergabung menjadi Super Center. Pada akhir tahun ini ditargetkan 10.000 toko kelontong dan agen yang aplikasi super serta 2.000 toko yang tergabung menjadi Super Center.

Super Center merupakan program aplikasi Super untuk memajukan toko kelontong dengan digitalisasi toko kelontong dan 3P (Pelatihan, Pendapatan tambahan dan Promosi) serta menjadi titik point feeder untuk agen Super.

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk menjadi mitra Super atau Super Center, di antaranya dilihat dari jumlah transaksi pembelian di Aplikasi Super, banyaknya pelanggan, lokasi toko dan pemilik toko yang kooperatif. (sol)