Akhir Tahun, Destinasi Internasional Diprediksi Masih Favorit

Akhir Tahun, Destinasi Internasional Diprediksi Masih Favorit

KORANBERNAS.ID—Liburan panjang akhir tahun, diperkirakan masih menjadi saat bagi wisatawan untuk berburu destinasi internasional. Tidak hanya Asia, kawasan Etopa juga menjadi tujuan wisata yang makin diburu wisatawan dari Indonesia.

Menurut data dari hubud.dephub.go.id, jumlah wisatawan Indonesia yang pergi ke luar negeri kurun waktu Desember 2018 - Januari 2019 meningkat 14,12% dibandingkan di periode yang sama tahun 2017.

Pemesanan hotel di luar negeri pun meningkat di kuartal IV. Data Mister Aladin di kuartal IV 2018 menunjukkan, pemesanan hotel di Bangkok meningkat sebesar 54%, Kuala Lumpur 48%, dan Penang 40% dibandingkan kuartal III.

Tidak hanya Asia, semakin banyak pula orang yang memesan hotel di Eropa. Peningkatannya mencapai 2,3 kali lipat pada akhir tahun 2018 lalu.

“Menjelang Natal dan Tahun Baru, semakin banyak orang mempersiapkan liburan. Berbeda dengan liburan Idul Fitri yang didominasi destinasi domestik, diperkirakan destinasi internasional lebih populer untuk akhir tahun,” kata Veranika Gunawan, Chief Executive Officer Mister Aladin, dalam rilisnya, Senin (30/9/2019). Menyambut liburan panjang ini, Mister Aladin mengadakan travel fair untuk ketiga kalinya dengan nama “Mister Aladin Travel Carnival” pada 30 September - 6 Oktober 2019.

Tema carnival dipilih sebagai bentuk penyambutan terhadap kemeriahan masa liburan akhir tahun, dan ragam produk Mister Aladin yang makin bertambah. Bersamaan dengan travel fair, dilakukan peluncuran resmi fitur Pesawat Internasional dan Kereta Api di Mister Aladin.

Meskipun destinasi luar negeri diprediksi akan lebih populer di akhir tahun ini, beberapa destinasi domestik juga masih diminati wisatawan Indonesia. Hal ini terlihat dari data di Mister Aladin yang menunjukkan bahwa peningkatan pemesanan hotel di kuartal IV 2018 yang paling besar adalah Yogyakarta (53%), disusul Malang (50%), dan Bandung (30%) dibandingkan di kuartal III tahun 2018.

Mister Aladin melihat peningkatan jumlah wisatawan yang pergi ke luar negeri dan ke beberapa destinasi di Pulau Jawa, adalah sebuah potensi yang perlu diakomodasi.

“Inilah yang menjadi alasan peluncuran fitur Pesawat Internasional dan Kereta Api secara resmi dalam acara Mister Aladin Travel Carnival,” kata Vera.

Kereta api juga makin digemari karena beberapa alasan. Antara lain harganya terjangkau, nyaman, dan rutenya melalui banyak destinasi Instagenic baru. Tidak hanya itu, kenaikan penjualan tiket kereta di Mister Aladin sudah terlihat sejak soft launching di April 2018.

Penjualan tiket kereta di Mister Aladin mengalami peningkatan secara konstan, yaitu sebesar 30% per kuartal, atau tumbuh 5 kali lipat sejak diluncurkan hingga Juli 2019.

Saat ini, kata vera, keseluruhan proses pemesanan tiket, dimulai dari menentukan tanggal keberangkatan hingga perolehan tiket, dapat dilakukan tanpa harus datang ke stasiun.

“Kami mendukung pembaharuan layanan pemesanan tiket kereta api, agar paperless dan serba terkoneksi. Untuk menggunakan tiket, konsumen cukup scan QR code pada e-ticket. Begitu pula untuk pengubahan jadwal keberangkatan dan memilih tempat duduk, semuanya dapat dilakukan dari smartphone. Kami juga memberikan harga spesial untuk beragam destinasi yang dapat dinikmati para konsumen acara ini,” ujar Irene Margaret, Vice President Passenger Marketing PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Acara travel fair, dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi online di aplikasi Mister Aladin pada 30 September - 6 Oktober, Kemudian sesi offline di tanggal 3 - 6 Oktober bertempat di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka.

“Khusus di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka, customer bisa menikmati banyak promo spesial, antara lain lelang produk mulai 10.000 rupiah, Kejutan 99 ribu, hingga kesempatan liburan gratis pada sesi Traveler Dadakan yang sudah jadi trademark kami. Karena travel fair tahun ini juga jadi ajang peluncuran resmi dan promosi fitur Pesawat Internasional, kami bekerja sama dengan Arabian Adventures untuk memberikan paket spesial serta promo menarik liburan di Dubai. Beberapa orang beruntung juga akan mendapatkan paket tur dan hotel gratis di negara tersebut,” kata Nitha Sudewo, Chief Operating Officer Mister Aladin. (*/SM)