9.722 Keluarga Miskin di Sleman Peroleh STB Televisi Digital Gratis

9.722 Keluarga Miskin di Sleman Peroleh STB Televisi Digital Gratis

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengajukan semua data kepala keluarga (KK) miskin sebagai sasaran penerima manfaat bantuan set top box (STB) televisi digital dari pemerintah.

"Kami sudah mengusulkan 16.195 KK miskin untuk menerima manfaat bantuan STB gratis dari Pemerintah Pusat. Usulan tersebut juga telah disertai Surat Keputusan Bupati, hasilnya sebanyak 9.722 KK miskin bisa mendapat bantuan STB tersebut," kata Eka Suryo Prihantoro, Kepala Dinas Kominfo Sleman, Rabu (9/11/2022), di kantornya.

Menurut Eka, KK miskin yang diajukan menerima bantuan STB tersebut berdasarkan data dari Dinas Sosial. Setelah dilakukan verifikasi oleh Pemerintah Pusat, Sleman menerima 9.722 STB untuk KK miskin.

"Untuk distribusi STB bekerja sama dengan PT Inti dan pelaksanaannya langsung door to dor karena penerima bantuan STB tersebut by name," kata Eka didampingi Agus.

Sampai saat ini sudah terpasang 2 ribu lebih dan diharapkan secepatnya STB gratis untuk KK miskin terpasang semua.

Berdasarkan data Dinas Sosial Kabupaten Sleman, jumlah KK miskin di daerah itu mencapai sekitar 38 ribu keluarga.

Menurut Eka, pihaknya belum mengetahui kepastian kekurangan dari 6.473 STB bagi KK miskin yang diusulkan. “Akan dapat atau tidak belum dapat kejelasannya,” ungkapnya.

Hanya saja Kominfo telah mengusulkan kepada bupati agar menganggarkan sekitar Rp 2 miliar untuk pengadaan STB bagi 6.473 KK miskin tersebut. (*)