6.000 Pekerja Proyek Tol Jogja Bawen Menjadi Peserta BPJamsostek

6.000 Pekerja Proyek Tol Jogja Bawen Menjadi Peserta BPJamsostek

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Seluruh pekerja proyek pekerjaan Jalan Tol Jogja Bawen Paket 1 Seksi 1, secara resmi mendapat perlindungan dari  program BPJS Ketenagakerjaan/BPJamsostek.

Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Yogyakarta, Teguh Wiyono, menyampaikan  pihaknya menerima pendaftaran program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) & Jaminan Kematian (JKM) BPJS Ketenagakerjaan sektor Jasa Konstruksi, untuk proyek pekerjaan jalan Tol Jogja - Bawen Paket 1 Seksi 1.

Pendaftaran dilakukan oleh pihak PT Adhie Karya selaku Kontraktor Pelaksana Pembangunan Jalan Tol.

Teguh menambahan, secara keseluruhan pekerja proyek Jalan Tol Jogja-Bawen yang didaftarkan sebanyak 6.000 orang.

"Kami memberikan apresisasi kepada PT Adhi Karya yang telah melaksanakan kewajibannya, dengan mendaftarkan seluruh pekerja pada proyek pekerjaan TOL Jogja - Bawen Paket 1 Seksi 1 ini dalam program BPJS Ketenagakerjaan," ujar Teguh, Selasa (16/8/2022).

Dengan pendaftaran ini, maka seluruh pekerja telah terlindungi program JKK & JKM BPJS Ketenagakerjaan. Jaminan sosial dan perlindungan berlaku bahkan hingga masa pemeliharaan selesai atau sekitar lima tahun ke depan.

Teguh juga menjelaskan, dasar perhitungan iuran untuk sektor Jasa Konstruksi, adalah nilai kontrak dalam Surat Perjanjian Kerjasama (SPK). Kemudian masa perlindungannya, tergantung lama pekerjaan dalam kontrak SPK tersebut.

"Untuk memudahkan dalam perhitungan iuran Program BPJamsostek sektor Jasa Konstruksi, kontraktor dapat mengakses website ejakon.bpjsketenagakerjaan.go.id," ujarnya.

Teguh mengimbau, proyek-proyek konstruksi baik dari pemerintahan maupun swasta untuk mendaftarkan proyeknya ke dalam program BPJamsostek sektor Jasa Konstruksi.

Ini penting, selain sebagai implementasi dan bentuk kepatuhan terhadap undang-undang, juga  agar para pekerja mendapat perlindungan program JKK dan JKM.

"Kita tidak akan pernah tahu risiko dalam pekerjaan. Kalau sudah menjadi peserta kami, maka menjalani pekerjaan akan lebih tenteram," katanya. (*)