3.500 Peserta Sibakul Fest Berlari Mengelilingi Sumbu Filosofi

Kegiatan ini dalam rangka memperingati 11 tahun Keistimewaan DIY.

3.500 Peserta Sibakul Fest Berlari Mengelilingi Sumbu Filosofi
Ribuan pelari mengikuti Sibakul Fest 2023 dari Mandala Krida, Minggu (10/9/2023). (yvesta putu ayu palupi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Sekitar 3.500 orang mengelilingi jalur Sumbu Filosofi, Minggu (10/9/2023) dalam gelaran SiBakul Sport Fest 2023. Kegiatan ini dalam rangka memperingati 11 tahun Keistimewaan DIY.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi, mengungkapkan bertepatan peringatan 11 tahun Undang-Undang Keistimewaan DIY, pihaknya menyelenggarakan event SiBakul Sport Fest dengan lebih meriah. Kegiatan berlangsung dua hari dan melibatkan berbagai komunitas di DIY serta berbagai wilayah Indonesia.

"Selain seratus UMKM istimewa yang ikut dan berbagai komunitas, ada e-sport, penghobi lari yang terkonfirmasi 3.500 orang, lalu 500 peserta inline skate, story telling bahkan hingga aerofun membaur di sini," jelasnya.

Paniradya Pati Kaistimewan, Aris Eko Nugroho, mengungkapkan sudah tahun ke-11 UU Keistimewaan DIY ditetapkan. Sinergi yang baik, salah satunya si bakul festival diharapkan bisa terus digerakkan ke depan.

"Bagaimana komunitas bisa berkolaborasi dengan pelaku UMKM. Harapannya ini bisa meningkatkan perekonomian di DIY," katanya.

ARTIKEL LAINNYA: Festival Bregada Bantul Moncer Disambut Meriah

Menurut Aris, kegiatan itu bagian dari upaya pengembangan wisata olahraga. Selain itu, juga mempertemukan UMKM Istimewa DIY dengan ribuan orang dari komunitas olahraga lari dan inline skate di Indonesia.

Apalagi tahun ini, lebih dari 100 UMKM ikut ambil bagian sehingga perekonomian DIY semakin meningkat sesuai dengan amanat UU Keistimewaan.

"Kegiatan ini menjadi sesuatu hal yang menarik dan akan terus disempurnakan. Diharapkan ada masukan dari masyarakat untuk terus menyempurnakan apa yang dilaksanakan Pemda DIY yang diamanatkan negara melalui Undang-undang Keistimewaan," ungkapnya.

Septiadi Pityanta dari Jorace Management sebagai pelaksana SiBakul Sport Fest menambahkan  penampilan artis seperti Ndarboy, Sasya Arkhanisa dan Hasoe Angel memeriahkan acara. "Ribuan peserta bisa bersuka ria sambil nglarisi atau berbelanja produk UMKM," kata dia. (*)