Wisatawan Bisa Mencicipi Sebelum Beli Bakpia di Teras Malioboro

Street Food Khas Malioboro dilaksanakan 27-29 November 2024.

Wisatawan Bisa Mencicipi Sebelum Beli Bakpia di Teras Malioboro
Street Food Khas Malioboro yang digelar di Teras Malioboro 1. (istimewa)

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Event menarik kembali digelar di Teras Malioboro 1 yaitu bazar dan pameran bertajuk Street Food Khas Malioboro yang berlangsung 27-29 November 2024. Oleh-oleh khas Jogja yang identik dengan Malioboro menjadi unggulan pameran tersebut.

Kepala UPT Balai Layanan Usaha Terpadu KUMKM DIY atau Kepala Teras Malioboro 1, Hellen Phornica, menyampaikan pengunjung serta wisatawan dapat mencicipi bakpia langsung sebelum membeli, sehingga menjadi motivasi kepercayaan pelanggan ketika akan membeli bakpia di Teras Malioboro.

Melalui Street Food ala Malioboro yang menyajikan makanan khas tempo dulu, pengunjung menemukan pengalaman yang mengesankan. Event ini juga dimeriahkan hiburan menarik penampilan Angklung Khas Jogja, live music special Rohascoustic, electone lagu Jawa dan Band Top 40.

Hiburan ini memang dikemas agar dapat sesuai pangsa pasar street food yang didominasi anak muda atau keluarga muda, yang relatif sebagian besar menghabiskan waktu untuk wisata saat weekend.

Makanan khas Jogja, bakpia, menjadi unggulan pameran Street Food Khas Malioboro di Teras Malioboro 1. (istimewa)

“Event bazar Street Food Khas Malioboro sebagai kegiatan Teras Malioboro 1 diharapkan dapat memenuhi kebutuhan segmen muda saat mengunjungi Teras Malioboro, di mana menyikapi tren anak muda cenderung lebih menyukai nongkrong dengan cemilan yang mudah dibawa,“ kata Hellen Phornica.

Pada rangkaian kegiatan Street Food Khas Malioboro November 2024, halaman Teras Malioboro 1 dipenuhi stan yang menjual berbagai jenis street food serta minuman unik Teras Malioboro. Tersedia pula beberapa produk premium yang dijual dari Tenant Teras Malioboro 1.

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Ir Srie Nurkyatsiwi M MA menyatakan Malioboro yang merupakan obyek wisata ikonik Daerah Istimewa Yogyakarta tentu menampung wisatawan dari banyak segmentasi dan asal wilayah yang berbeda-beda.

“Selain oleh-oleh khas Jogja, kuliner ringan pasti juga menjadi satu dari banyak produk yang menjadi kenangan tersendiri dalam perjalanan wisatanya. Kunjungan ke Yogyakarta hampir 80 persen adalah segmen dengan usia muda, maka menjadi penting membuat kegiatan yang “dekat” dengan karakter mereka sehingga Teras Malioboro 1 menjadi Obyek Wisata Favorit mereka dalam satu tempat,” kata dia.

Ikon Yogyakarta

Malioboro merupakan ikon Yogyakarta yang terkenal sebagai destinasi wisata. Malioboro cenderung menjadi tujuan akhir wisatawan untuk mendapatkan buah tangan, oleh-oleh dan cenderamata khas Jogja. Tak hanya itu, Malioboro juga menjadi surganya kuliner khas Jogja dari berbagai daerah, baik makanan berat maupun makanan ringan.

Sedangkan Teras Malioboro merupakan destinasi wisata baru pelengkap kawasan Malioboro. Selain menawarkan berbagai oleh-oleh baik fashion, kerajinan dan kuliner berat, juga menyajikan keunikan-keunikan jajanan khas Malioboro, atau dikenal dengan Street Food ala Malioboro untuk memanjakan wisatawan yang berkunjung. (*)