Rabu, 27 Okt 2021,


wisata-bersepeda-diminati-bermanfaat-menambah-oksigen-dalam-tubuhUsai bersepeda, wisatawan berinteraksi dengan satwa di GLZoo Yogyakarta. (istimewa)


Sholihul Hadi
Wisata Bersepeda Diminati, Bermanfaat Menambah Oksigen dalam Tubuh

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA – Olahraga pada masa pandemi banyak manfaatnya  bagi kesehatan tubuh. Apalagi kegiatan itu dilaksanakan di obyek wisata. Selain bermanfaat pikiran menjadi fresh tubuh pun bugar karena bisa menambah oksigen dalam darah.


Dua bulan terakhir, obyek wisata Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta menjadi tempat olahraga bersepeda sembari berwisata. Kegiatan gowes di area kebun binatang itu dinamai Zoopeda.

  • Tujuh Gunungan Ludes Tinggal Rangka
  • Tak Sabar Bentuk LAMP, Lebih Cepat Lebih Bagus

  • Manajer Pemasaran GL Zoo, Yosi Hermawan, menjelaskan olahraga bersepeda dengan menjelajah area 5 Km itu hanya dibuka Sabtu dan Minggu pagi saja. Waktunya terbatas pukul 06:00-08:00. “Pesepeda bisa bawa sepedanya sendiri dari rumah. Kalau tidak bawa, kami sediakan sepeda santai untuk dewasa maupun khusus anak-anak,” kata Yosi di kebun binatang setempat, Rabu (13/10/2021).

    Saat pandemi Covid-19 yang belum kelar ini diyakini melalui olahraga bersepeda keliling Kebun Raya dan Kebun Binatang GL Zoo akan bermanfaat bagi kesehata. Imun meningkat dan pasokan oksigen dalam tubuh bertambah.

  • Sayang Jika Promo Menarik Ini Terlewatkan
  • Sleman Kirim Misi Kebudayaan ke Surabaya

  • “GL Zoo yang memiliki keluasan 20 hektar ini kan masih menyisakan hutan. Letaknya di tengah kota berfungsi sebagai paru-paru Kota Yogyakarta,” sebut dia.

    Diakui, selama lebih dua bulan dibukanya GL Zoo sebagai kawasan olahraga pagi khusus akhir pekan, tidak saja dimanfaatkan untuk gowes oleh komunitas pesepeda. Ada juga yang memanfaatkan untuk joging dan senam zumba. “Tapi yang paling banyak, tetap olahraga bersepeda. Pada Sabtu dan Minggu itu bisa 200 sampai 300 orang yang gowes,” kata dia.

    Dalam beraktivitas bersepeda, pengunjung bisa istirahat sambil berinteraksi dengan satwa di zona petting zoo. Bahkan kalau pas pengunjung beruntung bersamaan dengan kegiatan perawat satwa membawa gajah jalan-jalan keliling danau buatan Mayang Tirta.

    Maka pesepeda tersebut bisa berinteraksi dengan gajah. “Setelah olahraga, mereka bisa menikmati nasi macan dan minuman yang kami sediakan,” kata Yosi.

    Program kegiatan olahraga outdoor ini diakui sebagai salah satu strategi agar GL Zoo tetap bisa dikunjungi anak-anak, saat DIY diberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3. Ini karena disadari hampir 95 persen pengunjung kebun binatang tersebut membawa anak kecil.

    Meski demikian diingatkan mereka yang akan memanfaatkan olahraga pagi di GL Zoo pada akhir pekan tersebut tetap harus memenuhi persyaratan.

    Apabila membawa anak di bawah usia 12 tahun, orang tua atau pendamping harus sudah menjalani vaksin lengkap. Selain itu wajib melakukan scan OR-Code PeduliLindungi dan menerapkan prokes secara ketat. (*)


    TAGS: wisata sepeda 

    SHARE



    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini