tak-hanya-internet-gratis-isteri-bripka-herdana-juga-pinjamkan-hp-untuk-belajar-daringIsteri Bripka Herdana, Aprilia Eka Safitri, menampingi siswa SD belajar daring. (istimewa)


Nanang WH

Tak Hanya Internet Gratis, Isteri Bripka Herdana Juga Pinjamkan HP untuk Belajar Daring

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN – Pandemi Covid-19 berdampak pada dunia pendidikan di Indonesia di mana pembelajaran harus dilakukan dengan metode jarak jauh secara daring. Namun, tidak semua orang tua bisa memenuhi sarana belajar jarak jauh yang memanfaatkan tehnologi informasi tersebut.


Baca Lainnya :

Melihat kesulitan sebagian orang tua di lingkungan tempat tinggalnya, Bripka Herdana, Bahabinkamtibas Polsek Puring, terketuk hatinya membantu sejumlah tetangganya yang membutuhkan sarana belajar daring dengan memanfaatkan internet gratis di rumahnya.

“Ada 20 anak. Mereka belajar di SD, SMP dan SMA, belajar daring di rumah,“ kata Herdana kepada koranbernas.id, Sabtu (8/8/2020).


Baca Lainnya :

Rumahya yang sudah lebih dari 5 bulan dijadikan Rumah Cendekia Bhabinkamtibmas itu menyediakan buku-buku bacaan, dan sekarang bertambah untuk tempat belajar daring. "Semenjak anak-anak belajar di rumah, sudah kami persiapkan. Awal  baru sedikit, kemudian mereka memberi tahu teman lain jadi ramai,” kata Herdana.

Mereka yang belajar daring di rumanya saat ini adalah siswa yang rumahnya hanya satu pedukuhan, di Desa Sidoharjo, Kecamatan Puring. Isterinya, Aprilia Eka Safitri, selain mendampingi anak-anak yang kesulitan belajar daring, juga meminjamkan handphone jika ada anak tidak memilikinya dan ikut belajar daring daring di rumahnya.

“Ada yang tidak punya HP. HP isteri dipinjamkan untuk belajar daring,“ kata Herdana.  

Sudah tiga bulan terakhir rumahnya ramai untuk pembelajaran jarak jauh dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sedikitnya 20 pelajar yang berada di sekitar rumah, datang setiap hari secara bergantian agar bisa jaga jarak ketika belajar daring.

Pembelajaran ini dianggap efektif di tengah pandemi virus Corona. Materi pembelajaran tersampaikan, program pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran juga terlaksana.

Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan, memberi perhatian khusus dengan kepedulian Herdana membantu tetangganya bejalar daring di rumahnya.  Hari Jumat (7/8/2020), Kapolres Rudy meninjau Rumah Cendekia itu ketika siswa sedang belajar daring.

"Semoga ini menjadi solusi bagi murid yang terkendala internet. Di Rumah Cendekia Bhabinkamtibmas itu murid tetap bisa belajar dengan fasilitas internet gratis," kata Rudy.

Menurut Rudy, pandemi Covid-19 selain berdampak pada pendidikan, juga berdampak pada ekonomi. Tidak semua warga bisa memasang jaringan internet di rumahnya.

"Rumah Cendekia Bhabinkamtibmas di rumah Bripka Herdana itu untuk menjawab keluh kesah para orang tua yang sedang mengalami kesulitan membeli paket kuota internet karena keterbatasan biaya," kata Rudy. (eru)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini