Sabtu, 24 Okt 2020,


smkn-1-sewon-bantul-resmi-menjadi-bludPenyerahan SK BLUD untuk SMKN 1 Sewon Bantul, Selasa (29/9/2020). (sariyati wijaya/koranbernas.id)


Sariyati Wijaya

SMKN 1 Sewon Bantul Resmi Menjadi BLUD


SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL – Penyerahan Surat Keputusan (SK) dari Pemerintah DIY,  Selasa (29/9/2020), menandai SMKN 1 Sewon Bantul resmi menjadi Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD). SK tersebut diserahkan Sekda DIY Kadarmanto Baskoro Aji diterima Plt Kepala SMKN 1 Sewon, Drs  Ardani MPd. Hadir menyaksikan mantan Kepala Sekolah Hj Sudaryati MPd, jajaran kepala SMK se-Bantul maupun keluarga besar SMKN 1 Sewon.

Acara kali ini diisi pameran produk BLUD SMKN 1 Sewon beberapa kegiatan usaha unggulan dari lima program keahlian sekolah yang berlokasi di Pulutan Desa Pendowoharjo Sewon tersebut. Sebut saja di antaranya penjualan produk roti My Bakery, layanan jasa jahit dan konveksi Eshal Colection, jasa laundy Fahira, jasa penginapan Edotel Kasongan, Salon Felisha, fotokopi Sesa, minimarket dan kantin sehat.


Baca Lainnya :

Baskoro mengatakan saat ini Pemda DIY sedang mempersiapkan SMK menjadi  BLUD. “Yang sudah siap SK segera diserahkan ke sekolah bersangkutan. Saat ini sedang uji coba dan nanti kita evaluasi. Nah hasil evaluasi  digunakan sebagai dasar mem-BLUD-kan SMK yang lain,” katanya.

Sekolah BLUD, lanjut Baskoro, artinya pengelolaan manajemen bisa seperti BUMD. Pendapatan yang diperoleh menjadi bagian dari rencana Anggaran Pendapatan Belanja Sekolah. Pendapatan itu digunakan oleh SMK yang bersangkutan untuk menggerakkan potensi sekolah masing-masing. Saat ini sudah ada tiga SMKN menerima SK  BLUD yaitu SMKN 6 Jogja, SMKN 3 Wonosari dan SMKN 1 Sewon.


Baca Lainnya :

Rencananya SMK negeri se-DIY sebanyak 49 sekolah akan menjadi BLUD. Targetnya semua SMK pada tahun 2021 menjadi BLUD.

Ardani menambahkan banyak hal yang dilakukan pihak sekolah untuk menyelaraskan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) di sekolah tersebut dengan Industri Dunia Kerja (IDUKA). Satu di antaranya mendorong pengembangan aset yang dimiliki sekolah. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini