Sepuluh Pelajar Peroleh Beasiswa dari Gameloft

Sepuluh Pelajar Peroleh Beasiswa dari Gameloft

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR (Corporate Social Responsibility) menjadi bagian integral dari aktivitas Gameloft Indonesia sejak tahun 2016.

Communication Specialist Gameloft Indonesia, Asteria Rani, Kamis (27/1/2022), menyampaikan pada 2021, studio Gameloft di Yogyakarta melaksanakan berbagai program CSR yang didasarkan pada pilar Play the Good Game, untuk membawa nilai positif Gameloft sebagai salah satu perusahaan game terdepan.

Sebagai program utama, Gameloft bekerja sama dengan Hoshizora Foundation (Yayasan Bintang Langit) untuk mendukung pendidikan anak Indonesia yang berada di bawah asuhan lembaga ini.

“Gameloft memberikan beasiswa pendidikan selama satu tahun kepada sepuluh pelajar, sebagai program kelanjutan yang telah berlangsung sejak tahun 2018,” ungkapnya.

Bertepatan dengan peringatan hari Kartini beberapa waktu lalu, Gameloft menyelenggarakan lokakarya tentang pendidikan dan karier dalam industri teknologi bagi 31 siswi asuhan Hoshizora Foundation.

Pada workshop Girls in Tech ini tujuh karyawati Gameloft berkontribusi sebagai pembicara dan fasilitator, untuk membuka wawasan siswi tentang kesempatan pendidikan dan karier dalam dunia teknologi, sekaligus berbagi pengalaman mengenai tantangan yang mungkin dihadapi kaum wanita dalam sektor ini.

Begitu pula saat Ramadan, Gameloft mengajak karyawan berbagi dengan sesama melalui kegiatan Ramadan Charity. Dalam kegiatan ini, perusahaan mengumpulkan donasi berupa pakaian, buku, mainan dan kebutuhan sehari-hari.

Ramadan Charity berhasil mengumpulkan 20 kardus donasi, yang diserahkan kepada orang-orang yang membutuhkan melalui bantuan Give2Indonesia sebagai penyalur sumbangan.

Selain itu, Gameloft mengumpulkan donasi uang tunai untuk membeli sembako sebagai sumbangan bagi tiga panti asuhan di sekitar wilayah kantor yaitu Panti Asuhan Reksa Putra Bagian Putra, Reksa Putra Bagian Putri dan Mizan Amanah.

Pada Agustus 2021, Gameloft menyelenggarakan lomba foto “Aku Mirip Pahlawan” yang berhasil menarik 86 siswa sebagai peserta lomba. Karyawan Gameloft terlibat dalam penjurian untuk menentukan lima pemenang yang mendapatkan hadiah berupa seri buku Kemiri Yori.

Masih pada bulan yang sama, Gameloft menyumbangkan 50 paket sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19, bekerja sama dengan Kapanewon Sleman.

Dalam rangka International Literacy Day, Gameloft kembali bekerja sama dengan Hoshizora Foundation dalam penyelenggaraan Donasi Buku “Books for Kids”.

Gameloft membuka kesempatan donasi berupa buku dan uang tunai dari karyawan Gameloft. Perolehan program donasi didedikasikan sepenuhnya dalam bentuk buku untuk anak-anak di Ende dan Bima.

Kerja sama dengan Kapanewon Sleman berlanjut dalam bentuk donasi doorprize untuk kegiatan hari jadi KORPRI. Peringatan ini dirayakan dengan kegiatan jalan sehat dan tali asih bagi panti asuhan.

Hari Guru, yang dirayakan 25 November menjadi momen bagi Gameloft Indonesia untuk berbagi. Gameloft menyelenggarakan kompetisi internal tentang Trainers’ Day. Peserta mengumpulkan cerita atau video yang menggambarkan kontribusi mereka sebagai pengajar selama masa pandemi, baik mengajar anggota keluarga yang belajar di rumah sebagai dampak pandemi, atau menularkan ilmu kepada rekan kerja secara daring.

Pemenang lomba, Lusia Andini, mendapatkan penghargaan berupa kesempatan memilih lembaga nonprofit sebagai sasaran donasi perusahaan, yang terpilih adalah Hoshizora Foundation.

Dedikasi Gameloft terhadap dunia pendidikan tidak pernah berhenti, terbukti dengan keterlibatan Gameloft dalam Talk Show e-sport pada 19 Desember 2021.

Satrio Budi Dharmawan, salah seorang Game Producer di Gameloft Indonesia, menjadi perwakilan perusahaan untuk membuka wawasan peserta talkshow tentang kesempatan kerja di dunia game dan seluk beluk dunia game developer.

Berkecimpung dalam e-sport sebagai atlet merupakan salah satu lapangan pekerjaan yang baru, namun Satrio menunjukkan bahwa game enthusiast juga memiliki kesempatan untuk menjadi orang di balik layar, menelurkan game berskala internasional yang dapat dinikmati oleh pemain game dan atlet e-sport. (*)