Rabu, 27 Okt 2021,


selama-ptm-masker-tidak-boleh-dilepasPertemuan tutor PKBM Mandiri Tirtomulyo Kretek Bantul membahas persiapan PTM. (istimewa)


Sariyati Wijaya
Selama PTM Masker Tidak Boleh Dilepas

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Tutor Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mandiri yang berlokasi di Jalan Samas Km 21 Karen Tirtomulyo Kretek Bantul mengadakan pertemuan, Sabtu (25/9/2021).


Dihadiri Kepala Bidang PAUD & PNF Disdikpora Bantul,  Tatik Windari MSE, pertemuan ini membahas persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang direncanakan dimulai Oktober mendatang.


Saat PTM siswa semua wajib memakai masker dan tidak boleh dilepas selama proses pembelajaran. Tempat duduk diberi jarak dan kapasitas 50 persen dari ruangan. Siswa harus mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Setiap mata pelajaran (mapel) pertemuan dua minggu sekali untuk PTM dan sisanya dengan metode setara daring (online). Jadwal pembelajaran mapel dijadwal berbeda.


Hal lain yang juga menjadi perhatian pengelola adalah semua tutor telah divaksin. Warga belajar (siswa) minimal 80 persen telah menjalani vaksinasi.

“Kita juga melengkapi dengan alat ukur suhu bagi siswa. Pada saatnya sebelum dilakukan PTM, ruang akan disemprot disinfektan,” kata Yuli Sutanta, pengelola PKBM Mandiri, kepada koranbernas.id.

Penerapan protokol kesehatan (prokes) mutlak dilakukan, jangan sampai PTM menyebabkan penyebaran Covid-19. Di PKBM total warga belajar 130 orang. Ditambah home schooling yang menginduk, total ada 250 orang.

"Jadi saat diterapkan uji coba PTM agar diperhatikan berbagai ketentuan dan aturan yang ada,"pesan Tatik.

Ismawati selaku tutor Kejar Paket C Mapel Kimia mengaku siap pada Oktober dilakukan PTM. “PTM akan berbeda materi dengan yang daring. PTM akan lebih banyak ke hitung-menghitung agar bisa diterangkan secara langsung di depan siswa. Daring nanti lebih banyak ke teori,” katanya.

Saat PTM semua harus taat prokes sehingga bisa berjalan aman, lancar dan sehat. (*)


TAGS: PKBM  Mandiri 

SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini