Minggu, 09 Mei 2021,


sandiaga-uno-belajar-membatik-topeng-kayuMenteri Parekraf RI Sandiaga Uno mengunjungi sentra kerajinan batik kayu Krebet Pajangan Bantul. (sariyati wijaya/koranbernas.id)


Sariyati Wijaya
Sandiaga Uno Belajar Membatik Topeng Kayu

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno, mengunjungi Desa Wisata Krebet Pajangan Bantul, Senin (26/4/2021).


Didampingi Bupati Abdul Halim Muslih, Ketua Dekranasda Bantul Ny Emi Halim, Kepala Dinas Pariwisata Kwintarto Heru Prabowo dan pejabat terkait, Sandiaga berkeiling melihat pembuatan kerajinan di Sanggar Peni milik Kemiskidi.


Sandiaga sempat belajar membatik di atas topeng kayu, kerajinan khas Krebet. Selain itu, juga berdialog dengan para perajin.

Kemiskidi mengatakan pandemi lebih dari setahun terakhir berdampak besar. Bisa dikatakan pukulannya membuat perajin tidak berdaya. Bahkan dari 400 lebih perajin batik kayu di Krebet, yang masih bertahan saat ini di sekitar 30 persen. “Memang pengunjung atau wisatawan yang datang juga sedikit,” katanya.


Ketua Paguyuban Batik Giriloyo Imogiri, Nur Ahmadi, menambahkan pada 2019 jumlah kunjungan mencapai 21.000 wisatawan lebih. Begitu pandemi anjlok sampai 73 persen.


“Di tempat kami total ada 540 perajin batik tulis. Pemasaran kami menurun,” katanya. Mereka berharap solusi dari pemerintah.


Agus Jati Kumoro selaku pengelola Desa Wisata Krebet mengusulkan perlu ada upaya nyata dan program yang dibuat pemerintah dalam rangka menggairahkan kembali sektor wisata termasuk para perajin.

“Kami berharap bukan hanya kunjungan semata, namun ada tindak lanjut dari kunjungan hari ini,” kata Agus.

Sandiaga mengatakan Kemenparekraf membuat banyak formula program dalam rangka membangkitkan lagi pariwisata, para pelaku usaha kerajinan dan juga ekonomi.

“Pariwisata menjadi salah satu sektor penting untuk mendongkrak ekonomi kita. Hari ini  saya tidak sendiri namun juga datang dengan para direktur saya. Nanti bisa bertukar kontak dan melihat kira-kira program apa yang bisa diakses. Kita telah siapkan itu,” kata Sandi.

Pada akhir kunjungannya Sandiaga berkesempatan melakukan promosi wisata secara virtual.

Sedangkan Kwintarto mengatakan kunjungan Sandiaga kali ini hanya sebentar karena sifatnya singgah setelah acara di JEC. Direncanakan usai Lebaran Idul Fitri akan ada kunjungan khusus ke Bantul guna melihat potensi kabupaten ini untuk dipromosikan.

“Tadi beliau sempat zoom meeting dengan banyak pelaku jasa wisata. Nah di antaranya beliau promosikan Krebet dan Bantul secara umum,” katanya. (*)



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini