Pojok Mobile JKN Memperpendek Waktu Tunggu di Faskes
KORANBERNAS ID, KEBUMEN -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mendorong fasilitas kesehatan (faskes) mitra BPJS Kesehatan mengurangi waktu menunggu pelayanan pada Faskes Tingkat Pertama (FKTP) dan Faskes Tingkat Lanjut (FKTL). Upaya itu dilakukan dengan mewajibkan setiap faskes terdapat Pojok Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
“Pojok JKN di faskes akan membantu dan mengedukasi peserta JKN memanfaatkan mobile JKN,” kata Agus Tri SN, Pejabat Pelaksana Sementara Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kebumen, kepada koranbernas.id, Jumat (3/3/2023).
Di Pojok JKN di faskes, peserta JKN bisa meminta bantuan petugas atau Duta JKN untuk mengunduh dan memanfaatkan mobile JKN. “Salah satu fitur di mobile JKN, pelayanan pendaftaran atau antrean," kata Agus Tri SN.
Dengan memanfaatkan fitur tersebut peserta JKN yang akan memanfaatkan rawat jalan di faskes bisa mendaftar secara online. Melalui sistem yang sudah terintegrasi dengan sistem di faskes, peserta JKN bisa mendapatkan nomor antrean secara online.
“Fitur itu juga memberikan informasi, kapan jam pelayanan," kata Agus Tri SN.
Dengan mengetahui jam pelayanan, peserta JKN tidak menunggu berjam-jam di faskes menunggu pelayanan di klinik atau poli rumah sakit.
“Sekarang semua rumah sakit dan Puskesmas di kantor Cabang Kebumen sudah ada Pojok Mobile JKN," kata Agus Tri SN
Pojok mobile JKN yang baru diterapkan awal tahun 2023 secara bertahap akan mengurangi jumlah antrean pendaftaran di faskes secara manual.
Sehingga, kata dia, peserta JKN tidak harus menunggu di faskes. “Peserta bisa menunggu di rumah, sambil memantau nomor antrean yang sudah dilayani, datang ke rumah sakit, jika nomor antrean sudah mendekati nomor peserta," kata Eko. (*)