Perluas Peluang Bisnis Bagi Mitra dari Wirausaha Kuliner

Perluas Peluang Bisnis Bagi Mitra dari Wirausaha Kuliner

KORANBERNAS.ID -- Gojek, karya anak bangsa dengan ekosistem lengkap terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara, gelar Gojek Wirausaha. Pelatihan manajemen berbisnis yang ditujukan untuk mengembangkan potensi UMKM melalui pelatihan tatap muka, serta akses langsung ke pasar digital melalui pendaftaran GoFood di tempat bagi UMKM kuliner.

Program ini digelar sebagai wujud komitmen Gojek untuk mendorong pertumbuhan UMKM kuliner yang memberikan dampak positif bagi masyarakat secara luas diantaranya kontribusi pertumbuhan ekonomi daerah dan wisata kuliner, kemudahan membeli makanan serta perluasan lapangan kerja.

Pelatihan diikuti oleh sekitar 150 mitra GoFood dan mitra driver GoCar beserta pasangannya di Yogyakarta, diisi dengan talk show cerita sukses dan tips bisnis kuliner bersama Chef Anton Yanwar Susilo, chef hotel bintang lima berpengalaman di industri kuliner perhotelan, pengajar serta juri di ajang kompetisi kuliner sebuah program televisi.

Chef Anton akan memberikan pengetahuan seputar membuat dan mengemas makanan kekinian yang menguntungkan. Pelatihan ini ditutup dengan pendaftaran mitra GoFood yang dibuka untuk pasangan mitra driver GoCar.

Kepala Bidang Kewirausahaan Gojek, Wirasutirta menyatakan, Sebagai pemimpin layanan pesan-antar makanan dengan pangsa pasar sebesar 75% di Indonesia, Gojek melalui layanan GoFood selalu berkomitmen memajukan bisnis kuliner UMKM agar dapat secara konsisten meningkatkan skala bisnisnya.

"Upaya mendorong pencapaian ini kami lakukan dengan beragam inisiatif salah satunya melalui pelatihan Gojek Wirausaha bagi mitra GoFood. Gojek juga ingin merangkul pasangan mitra GoCar untuk bisa berwirausaha dengan menjadi mitra GoFood.” paparnya di Banyumili Resto, Sleman, Yogyakarta.

Yogyakarta menjadi salah satu dari lima wilayah dengan pertumbuhan transaksi terbanyak bagi GoFood. Hasil riset Nielsen Singapura be​rjudul ​“Understanding Indonesia’s Online Food Delivery Market” pun mengungkap bahwa 84% masyarakat yang menggunakan lebih dari satu aplikasi pesan-antar makanan.

GoFood menawarkan layanan pesan-antar makanan terbaik di Indonesia, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata industri (39%). Keberhasilan ini juga berbanding lurus dengan pertumbuhan GoFood di Indonesia dan Asia Tenggara.

Dalam enam bulan terakhir, tercatat jumlah transaksi GoFood meningkat dua kali lipat mencapai lebih dari 50 juta transaksi di seluruh Asia Tenggara setiap bulannya. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis layanan pesan-antar makanan lewat GoFood masih memiliki potensi yang sangat besar untuk terus berkembang.

Selain itu, di sisi mitra ​merchant, Wira menyatakan GoFood juga terus berinovasi supaya​ merchant bisa menawarkan lebih banyak pilihan, mempromosikan menu hingga mengatur operasional mereka.

“Inovasi terbaru kami di sisi merchant adalah aplikasi pengelolaan restoran khusus mitra ​merchant, GoBiz , dimana mereka bisa mengakses data untuk membantu menganalisis performa bisnis dari waktu ke waktu hingga mengelola operasional sehari-hari," lanjutnya.

Yang menarik dari aplikasi ini, ​lanjut Wira, merchant ​ bisa secara mandiri mengatur dan menawarkan promo khusus untuk restoran mereka sendiri. Dia menambahkan, merchant yang memaksimalkan teknologi GoBiz telah terbukti meningkatkan kenaikan transaksi sebanyak rata-rata 37%. Terdapat dua sampai 10 kali lipat kenaikan penjualan merchant yang mengelola sendiri pertumbuhan bisnisnya dengan menggunakan self-service promotion di GoBiz," tandasnya. (yve)