penting-memberikan-modal-bagi-anak-untuk-menang-di-periode-the-winning-windowAcara diskusi mengenai tumbuh kembang anak, yang diinisiasi oleh Nutrilon Royal, Selasa (9/8/2022). (istimewa)


Warjono
Penting, Memberikan Modal Bagi Anak untuk Menang di Periode The Winning Window

SHARE

KORANBERNAS.ID, JAKARTA -- Dulu, terdapat pandangan yang mengasumsikan bahwa kemampuan motorik dan kognitif berkembang secara terpisah. Akan tetapi, semakin banyak penelitian pada masa modern ini yang justru menunjukkan perkembangan kognitif dan motorik anak-anak terkait erat.


Dokter spesialis anak, dr Margareta Komalasari SpA memaparkan perkembangan motorik dan kognitif berjalan searah. Ketika si kecil belajar gerakan motorik, perkembangan kognitif juga dimulai.


“Bahkan bila anak mengalami keterlambatan atau defisit dalam keterampilan motorik kasarnya, maka hal ini dapat berdampak pada perkembangan kognitifnya. Oleh karena itu, intervensi sejak dini sangat penting untuk memperbaiki efek gangguan motorik pada area pertumbuhan lainnya seperti pembelajaran atau perkembangan sosial anak,” kata Komalasari, Selasa (9/8/2022).

Dia menambahkan, salah satu bentuk intervensi yang penting untuk dilakukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil saat berada dalam periode The Winning Window adalah melalui intervensi nutrisi.


Berdasarkan penelitian daya tahan tubuh yang baik dapat membantu anak untuk mengembangkan keterampilan motorik halus 26 persen lebih baik dan memiliki nilai kognitif tiga poin lebih tinggi.

Velan Sormin selaku Brand Manager Nutrilon Royal mengatakan, semua anak memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pemenang. Untuk itu, ia mengajak semua orang tua khususnya kaum ibu, mengoptimalkan periode The Winning Window ini dengan cara memberikan bekal usi kecil menang.

“Kami juga mendukung langkah itu, melalui Nutrilon Royal. Kami menghadirkan susu pertumbuhan yang diperkaya dengan FOS:GOS yang telah teruji klinis dapat membantu meningkatkan imunitas serta Omega 3, Omega 6, dan DHA yang baik untuk perkembangan kognitif si kecil,” katanya.

Selain intervensi nutrisi, untuk membantu anak mengembangkan keterampilan motorik dan kognitifnya secara lebih optimal hingga usia 8 tahun, juga diperlukan intervensi stimulasi.

Saskhya Aulia Prima MPsi selaku Psikolog Anak & Keluarga sekaligus Co-founder Tiga Generasi menjelaskan, untuk membesarkan anak yang berjiwa pemenang, seorang ibu perlu untuk memiliki pola pikir sebagai The Winning Mom (Mama Pemenang), yaitu sosok Mama yang tergerak untuk terus belajar dan menerapkan pendekatan parenting yang berkembang seiring waktu dan berorientasi masa depan.

“Agar anak dapat memiliki jiwa pemenang yang percaya diri dalam menghadapi tantangan di masa depan, sebagai The Winning Mom, kita perlu melakukan stimulasi sejak dini terutama mengoptimalkan periode sensitif yaitu usia 0-8 tahun dengan memberikan stimulasi yang tepat,” terangnya. (*)


TAGS: Nutrilon  Royal 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini