penderita-kista-berjualan-seadanya-demi-hidupi-keluargaMuji lestari menggoreng kerupuk beras untuk dijual. (istimewa)


sholihul

Penderita Kista Berjualan Seadanya Demi Hidupi Keluarga

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Pandemi Covid-19 banyak mengubah keadaan masyarakat. Muji Lestari (52) juga merasakannya. Ibu dua anak ini menjadi satu dari sekian banyak perempuan di Indonesia yang terdampak Covid-19.

Sebelum pandemi, Muji Lestari punya usaha kecil-kecilan berupa kerajinan tas kain rajut. Pandemi benar-benar mengubah keadaannya. Usaha tas kas kain rajut yang telah lama digelutinya sepi pembeli hingga akhirnya gulung tikar.


Baca Lainnya :

“Bersama anak saya yang masih sekolah, tiap hari kami menyambung hidup dengan berjualan kerupuk beras yang dititipkan di angkringan dan pedagang sayur keliling,” ungkapnya, Senin (1/6/2020).

Meski tidak banyak yang diperoleh, hanya Rp 24 ribu tiap hari, namun dia mengaku tidak memiliki pilihan lain demi menyambung ekonomi keluarga.


Baca Lainnya :

“Sejak dua bulan terakhir, dokter telah memvonis ginjal kanan dan kiri saya terkena penyakit kista stadium 4 dan 5, hingga saya saat ini tidak bisa lagi melakukan pekerjaan berat,” kata Muji Lestari.

Keterbatasan ekonomi serta penjelasan dari dokter yang menyatakan penyakitnya sudah tidak bisa diobati walaupun dengan operasi, membuat hati Muji Lestari merasa sedih. Hingga akhirnya dia hanya mengandalkan obat-obatan herbal yang dibelinya tak jauh dari kediamannya.

Sambil sesenggukan dia tidak bisa menutupi kesedihannya tatkala tim dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) menanyakan perihal kondisi kesehatannya.

Saat ini, Muji Lestari hidup serumah dengan anaknya yang masih sekolah, serta ibunya yang sudah lanjut usia, sementara suaminya sudah meninggal dunia beberapa tahun silam karena sakit.

Tim ACT DIY berkesempatan berkunjung di kediamannya di Kotagede Yogyakarta sekaligus penyerahan bantuan modal usaha dari program Sahabat UMI (Usaha Mikro Indonesia).

Koordinator Program, Kharis Pradana, mengatakan Muji Lestari merupakan satu dari ribuan ibu-ibu di Indonesia yang berjuang di tengah kondisi sulit pandemi Covid-19.

“Semoga adanya program Sahabat UMI ini mampu menjadi penyemangat bagi para pengusaha mikro untuk terus berjualan meski kondisi saat ini memang sedang sulit,” jelas Kharis.

Selain bantuan modal, ACT juga akan memberikan pendampingan kepada pengusaha mikro seperti Muji Lestari agar usaha kecilnya bisa terus menopang perekonomian keluarga.

Sahabat UMI adalah program pemberian sedekah modal usaha dan pembinaan bagi usaha ultra mikro yang terdampak Covid-19.

Targetnya ACT akan memberikan bantuan untuk ribuan perempuan tangguh penggerak usaha mikro Indonesia pada program Sahabat UMI ini.

Sahabat dermawan dapat ikut berkontribusi dan bersamai perjuangan keluarga prasejahtera dalam menghadapi pandemi, melalui diy.indonesiadermawan.id/SahabatUMI. (sol)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini