Sabtu, 24 Okt 2020,


macapatan-kapanewon-ngaglik-tetap-eksis-Suasana latihan macapatan di Sukoharjo Ngaglik Sleman. (istimewa)


Arie Giyarto

Macapatan Kapanewon Ngaglik Tetap Eksis


SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN –Paguyuban Seni Macapat “Sekar Kencono" Kapanewon (kecamatan) Ngaglik Sleman hingga kini tetap eksis. Bahkan grup yang diketuai S Suharyono tersebut rutin mengadakan latihan setiap malam Sabtu Pon.

Lokasi latihan pun berpindah-pindah. Pada Jumat (18/9/2020) malam, latihan berlangsung di Ruang Pertemuan Balai Kalurahan Sukoharjo.


Baca Lainnya :

“Tempat latihan berpindah pindah sehingga silaturahim tetap terjalin di antara penggemar dan pelestari budaya agung Macapatan,” kata Suharyono.

Komisariat Dinas Kebudayaan Kapanewon Ngaglik, Erna,  menyatakan latihan macapat tetap dilestarikan karena sudah ada agenda tahunan lomba macapat se-Kabupaten Sleman yang diadakan Dinas Kebudayaan setempat.


Baca Lainnya :

Erna menambahkan pada latihan malam itu tampil calon peserta lomba macapat tingkat kabupaten yang diwakili tiga peserta yaitu Rendy Ratnadi, Nangura dan Evi. Ketiganya juga mengadakan gladi bersih di hadapan pembina, pelatih dan pemerhati macapat se-Kapanewon Ngaglik.

Ki Suyadi selaku pelatih merasa optimistis tiga calon peserta maju tingkat kabupaten karena mereka punya bakat dan suara yang bagus. Suyadi siap terus membina sampai acara lomba berlangsung.

Sebagaiman disampaikan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Ngaglik,  pada latihan kali ini hadir Sujadi selaku Kasie Pelayanan Masyarakat (Kamituwa) serta Sobari.

Tak ketinggalan para penggemar macapatan menyempatkan waktunya datang ke lokasi latihan. Pada akhir acara berlangsung tetembangan macapat bergiliran dipimpin Subadi. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini